18 Februari 2010

2012, Jalan Poros Ulu Rawas Selesai Diaspal

MUSI RAWAS-Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Mura, Krisdanarto mengatakan pihaknya secara bertahap terus melakukan peningkatan kualitas jalan di Kecamatan Ulu Rawas dan kecamatan lainnya. Namun berhubung anggaran tidak memadai untuk membangun jalan secara serentak maka akan dilakukan secara bertahap.

”Khusus jalan dari Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu hingga Desa Kuto Tanjung Kecamatan Ulu Rawas, kami menargetkan 2012 sudah ditingkatkan ke ATB,” jelas Krisdanarto. Peningkatan jalan di wilayah ini terus dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2007 dengan membuat jalan tembus dari Pulau Kidak hingga Kuto Tanjung dan dilanjutkan pada 2008 dengan pengerasan dan peningkatan jalan pengaspalan jalan.

”Panjang jalan dari Surulangun Rawas hingga ke Kuto Tanjung 60 km dan terdapat 62 jembatan. Sedangkan yang sudah diaspal sepanjang 5 km yang masuk anggaran 2007 dan 2008,” katanya.

Namun untuk tahun 2010, Pemerintah kabupaten Musi Rawas mendapatkan bantuan dari Pemprov Sumsel berupa pengaspalan jalan sepanjang 10 km yang akan dilakukan dari Kelurahan Muara Kulam hingga desa Napalicin.

”Bantun Pemprov ini merupakan komitment Gubernur saat mengunjungi obyek wisata Gua Napalicin 2009 lalu,” terang Krisdanarto.

Selain bantuan Pemprov, pihaknya juga tahun ini telah mengaggarkan akan melakukan pengerasan seluruh badan jalan yang belum dikeraskan dengan kelas agregat klas A.

”Sebelum dilakukan penmgaspalan kita akan melakukan pengerasan terlebih dahulu sehingga nantinya jalan tersebut dapat bertahan cukup lama,” paparnya.

Dijelaskan Krisdanarto, peningkatan jalan menjadi ATB ini dilakukan dari ujung jalan. Hal ini dilakukan guna mencegah kerusakan akibat peningkatan atau perbaikan jalan nantinya khususnya mobilitas kendaraan pengangkut material.
”Jika kita buat jalan dari panggal jalan maka jalan yang baru dibuat tersebut akan cepat rusak, namun kalau dari ujung jalan maka jalan yang baru ditingkatkan tidak akan dilewati,” imbuhnya.

Terkait dengan banyaknya longsor yang terjadi di wilayah tersebut, Krisdanarto membenarkannya. Namun saat ini pihaknya telah melakukan perbaikan dan sudah teratasi tepatnya telah dapat dilewati.
”Tebing di kanan kiri jalan Kecamatan Ulu Rawas ini memang rentan terjadi longsor karena kondisi tanah yang baru dibuka ditambah musim hujan yang berkepanjangan ini,” pungkasnya.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More