13 Oktober 2008

Tanggul dan Turap Bertahun-tahun Jebol



LUBUKLINGGAU-Tanggul saluran sekunder di Kelurahan Eka Marga Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, sejak beberapa tahun lalu jebol. Begitu juga dengan turap pada saluran primer yang persis berada di bawah saluran sekunder. Hanya saja hingga kini tanggul tersebut sama sekali belum dibenahi oleh Dinas Pekerjaan Umum.
  Pantauan Musirawas Ekspres, akibat sudah sangat lama, bekas jebolan pada tanggul sama sekali tidak terlihat. Melainkan sudah berbentuk seperti saluran air, apalagi ditumbuhi semak-semak. Bahkan awalnya sulit mengetahui lokasi tanggul yang jebol itu, jika tidak bertanya dengan warga.
  Dijelaskan salah seorang warga Sobri, awalnya tanggul yang jebol tersebut tidak terlalu besar. Namun karena tak kunjungi dibenani, maka semakin lama semakin besar. “Kalau tidak cepat dibenahi bisa saja semakin membesar, apalagi airnya masuk ke saluran primer,” jelasnya.
  Sementara itu di lokasi tanggul yang jebol terlihat adanya tumpukan batu sungai, hanya saja Sobri tidak bisa memastikan apakah batu sungai tersebut untuk membenahi tanggul, atau milik warga yang hendak membehani kolam. “Mungkin untuk membenahi kolam,” ujarnya.
  Selain tanggul yang jebol, ternyata masih bersebelahan dengan saluran sekunder tadi, yakni saluran primer yang ada dibawahnya, dimana turap pada saluran primer itu juga hancur. Bahkan sama sekali tidak terlihat adanya turap, kini hanya tana merah saja baik pada sisi kiri dan kanan saluran.
  Bahkan kikisan air cukup kuat hingga tanah di tanggul ikut terkikis, bahkan jika tidak cepat dibenahi menurut Sobri ditakutkan nantinya bisa mengikis tanggul, bahkan bisa menyebabkan jebol. “Kalau dibiarkan saja bisa saja tanggulnya menjadi jebol,” tandasnya.
  Ditambahkan Halim juga warga yang sama, ia berharap pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum bisa secepatnya membenahi tanggul dan turap yang rusak tersebut. “Harapan kita agar segera dibehani, karena bisa saja kerusakannya akan melebar,” pungkasnya. (ME-03)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More