28 Oktober 2008

Lubuklinggau Belum Punyai Dokter Spesialis

LUBUKLINGGAU-Hingga saat ini Kota Lubuklinggau masih kekurangan tenaga dokter spesialis, untuk memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat Sebiduk Semare. Kekurangan itu menyebabkan sebagian warga terpaksa mendatangi rumah sakit di Palembang dan Bengkulu untuk mengobati penyakitnya. 

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau Hj Desilina Tjaja SKM, kepada Musirawas Ekspres, Senin (276/10) di kantor Diklat Lubuklinggau. Menurutnya dari 2.500 penduduk Sebiduk Semare seharusnya memiliki satu dokter spesialis. Tapi kenyataan dilapangan, pihaknya kesulitan mendatangkan dokter spesialis yang mau menerapkan ilmunya di Kota Lubuklinggau. 

“Saat ini kita sangat membutuhkan dokter spesialis bedah, anak, kandungan dan penyalit dalam. Tapi kendalanya selama ini, kita belum bisa memasilitasi dengan baik dokter spesialis dengan baik, karena berkait dana yang minim,” ujarnya.  

Bagaimana dengan dokter umum? Desi mengungkapkan untuk dokter umum juga saat ini masih kekurangan, makanya diperlukan penambahan lagi. Sebab, hingga saat ini pihaknya baru memiliki delapan orang dokter umum yang harus melayani 200 ribu lebih penduduk Kota Lubuklinggau. “Ke depan kita akan mengupayakan adanya dokter umum yang praktek disini,” katanya.

Ditambahkannya untuk mencukupi kebutuhan tenaga dokter spesialis, rencananya dinkes bakal menyekolahkan dokter umum yang ada. “Mungkin setelah APBD 2009 nanti, karena saat ini kita belum memerogramkkannya. Tapi Insya Allah itu akan segera kami selenggarakan,” pungkasnya. (ME-02) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More