13 Oktober 2008

Lapangan Golf Siap Menjadi Gerbang Promosi Daerah


*Persiapan Lahan Mulai Dilakukan
MUSI RAWAS-Untuk mempromosikan sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Musi Rawas (Mura) Bupati Ridwan Mukti mempunyai konsep tersendiri. Tidak hanya dengan mengundang inevestor, memaparkan potensi yang ada, promosi juga dilakukan melalui sektor olahraga. Seperti halnya dengan membangkitkan olahraga di daerah untk mencapai prestasi di tingkat nasional. Diawali dengan beberapa cabang olahraga seperti karate yang sudah menasional, kemudian bulutangkis serta beberapa cabang olahraga lain termasuk sepakbola yang saat ini sedang naik daun. 
 Prestasi olehraga di tingkat nasional ini ternyata menjadi sarana penting dalam mempromosikan daerah. Dimana daerah lain bahkan investor mulai mengenal Kabupaten Mura. Untuk lebih mendukung kemajuan olahraga ini Bupati Ridwan Mukti juga mempunyai konsep untuk membangun sarana dan prasarana olahraga yang benar-benar lengkap. Salah satunya yakni rencana pembangunan Sport Center di Ibukota Kabupaten Mura di Kecamatan Muara Beliti dengan sarana yang lengkap bagi seluruh cabang olahraga.
 Selain itu Bupati Ridwan Mukti ternyata juga mempunyai satu rencana besar dalam pengembangan olahraga. Yakni rencana terhadap pengembangan kawasan lapangan golf di pusat pemerintahan. Untuk saat ini pemerintah daerah sedang mempelajari dan mempersiapkan lahan seluas 60 hektar terbagi dalam dua kawasan untuk lapangan golf ini. 
 Dan beberapa waktu lalu Bupati mengumpulkan semua jajaran terkait untuk mempersiapkan lahan lapangan golf dan juga lahan perkantoran lainnya di kawasan Agropolitan Center (AC) dan pusat pemerintahan. Pertemuan informasinya dilaksanakan sehari setelah Hari Raya Idul Fitri 1429 H atau Jum’at (3/10) di Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. 
“Bupati memimpin rapat membahasa lokasi untuk lapangan golf. Informasinya pembangunan lapangan golf dimulai dengan pembukaan lahan sudah akan dimulai,” ujar salah satu sumber Musirawas Ekspres. 
 Lokasi lapangan gol informasinya sangat strategis sebab mudah terjangkau dan memang lokasinya cukup refresentatif. ”Tepatnya di pusat pemerintahan dekat perkantoran yang dimana lokasinya terbelah oleh sungai. Jadi memang sangat strategis,” ujar sumber tersebut. 
 Hanya saja Bupati Ridwan Mukti menyadari tidak mungkin pembangunan lapangan golf ini menggunakan anggaran daerah karena hal itu jelas bertentangan dengan komitment pembangunan kerakyatan. Makanya untuk meralisasikannya, saat ini sedang dijajaki kerjasama atau andil dengan pihak lain khususnya para investor yang sudah mempunyai investasi di Kabupaten Mura. Teknsisnya, Pemkab Mura akan menyediakan lahan dan untuk pembangunannya dilakukan oleh pihak lain dan dalam jangka waktu tertentu nantinya lapangan golf ini akan menjadi milik pemerintah daerah. Keberadaan lapangan golf ini tentunya diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk masuk ke Kabupaten Mura seperti halnya daerah-daerah yang sudah maju. (ME-01)  

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More