21 Oktober 2008

Parkir Tak Teratur Sebabkan Kesemerawutan


LUBUKLINGGAU-Tak teraturnya penataan parkir di Kota Lubuklinggau, ternyata salah satu penyebab kesemerawutan lalu lintas di Lubuklinggau. Bahkan juga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas, karena mengecilnya badan jalan akibat digunakan sebagai lahan parkir.

Seperti dijelaskan Kapolres Lubuklinggau, AKBP H Yohannes Soeharmanto SH S.Ik, berkaca kepada kota-kota lain tidak penting siapa yang mengelola parkir, melainkan yang penting adalah bagaimana cara pengaturan parkirnya. “Yang harus diketahui adalah bagaimana cara mengatur parkir yang baik,” tandasnya.

Ditambahkan Kapolres sebenarnya penataan parkir yang baik, adalah salah satu indikator keindahan kota, dan ketertiban lalu lintas. Pasalnya dengan parkir yang tertata, maka arus lalu lintas lancar, dan terlihat enak karena bejajar rapi.

Berdasarkan pengalaman, ditambahkan Kapolres untuk kondisi Lubuklinggau sebaiknya posisi parkir kendaraan terutama mobil sejajar dengan jalan. “Tapi jika sejajar maka daya tampung parkir sedikit, sehingga banyak digunakan melintang. Posisi seperti itu sah-sah saja, asalnya menyerong, agar tidak terlalu banyak memakan badan jalan,” terangnya.

Kalau melintang ditambahkan Kapolres, beberapa kendaraan ada yang panjangnya mencapai tiga meter, sehingga otomatis menyebabkan penyempitan badan jalan, bahkan mencapai sebagian badan jalan. “Kalau sudah seperti ini, bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” terangnya.

Pengaturan parkir yang baik ditambahkannya, sangat penting dilaksanakan di Lubuklinggau, karena aktivitas perdagangan daerah sekitar terpusat di Lubuklinggau. Apalagi kendaraan banyak melakukan bongkar muat barang di lokasi parkir.

“Bekaitan dengan masalah ini, Satlantas sudah berkali-kali melakukan sosialisasi kepada juru parkir. Hanya saja jika sudah diberi sosialisasi biasanya cuma berjalan sehari dua hari, selanjutnya kacau lagi,” pungkasnya. (ME-03) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More