29 Oktober 2008

KTP dan KK Gratis Diserbu Warga

Tahap Pertama Jemput Bola di Dua Kecamatan

MUSI RAWAS-Tampaknya antusiasme masyarakat terhadap program Bupati Musi Rawas, Ridwan Mukti, yakni peningkatan pelayanan publik melalui penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) gratis oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) boleh dikatakan cukup tinggi.

Pasalnya, langkah jemput bola terhadap pemberian KTP dan KK gratis kepada warga yang kurang mampu di Kecamatan Tugumulyo yang dipusatkan di Desa F Trikoyo, Selasa (28/10), diserbu oleh ratusan warga setempat.

Dari pantauan koran ini sekitar pukul 10.45 WIB, tampak warga Desa F Trikoyo dan sekitarnya rela berjemur menunggu panggilan dari petugas Disdukcapil untuk difoto secara langsung dan juga untuk memvalidkan data print out yang dikirimkan oleh Disdukcapil beberapa waktu yang lalu.

Kepala Disdukcapil Musi Rawas, HA Rakhman Achmad S.Sos MM, yang memimpin langsung kegiatan jemput bola di Desa F Trikoyo, kepada koran ini memperkirakan warga yang datang ke lokasi perekaman data untuk pembuatan KTP dan KK gratis tersebut lebih kurang 600 warga.

“Kita sudah mengrimkan teleg kepada Camat untuk memberitahukan kepada warga di wilayahnya bahwa kita akan turun menjemput bola hari ini, (kemarin, red),” katanya.

Selain itu, lanjutnya, ketika sampai di Balai Desa F Trikoyo sekitar pukul 09.00 WIB, tim jemput bola dari Disdukcapil ternyata telah ditunggu oleh warga yang ingin membuat KTP dan KK gratis.

“Kita sangat bersyukur bahwa program pemberian KTP dan KK gratis ini ternyata disambut sangat antusias masyarakat,” ungkapnya.

Berbeda halnya dengan di Kecamatan Tugumulyo, di Kecamatan Megang Sakti kegiatan jemput bola mengenai pembuatan KTP dan KK gratis yang dilaksanakan di kantor Camat Megang Sakti, tampak lengang.

Pantauan koran ini di Kantor Camat Megang Sakti, diperkirakan warga yang datang untuk membuat KTP dan KK gratis tersebut lebih kurang 60 orang. Program jemput bola tahap pertama ini, terangnya, dilakukan pada dua Kecamatan yang diketahui memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak dibandingkan dengan Kecamatan yang lain, yakni Kecamatan Tugumulyo dan Kecamatan Megang Sakti.

Kendatipun jemput bola tahap pertama ini dilakukan di dua Kecamatan yang memiliki jumlah penduduk yang banyak, namun pihak Disdukcapil akan siap menjemput bola kedaerah-daerah yang sudah siap untuk melaksanakan penerbitan KTP dan KK gratis tersebut.

“Kalau ada desa yang siap, maka kita akan segera menurunkan tim untuk melakukan pengecekan data dan juga sekaligu untuk melakukan tahapan penerbitan KTP dan KK gratis di lokasi tersebut,” tandasnya.

Untuk diketahui, di Kecamatan Tugumulyo kuota pemberian KTP gratis kepada warga yang kurang mampu adalah sebanyak 9.021 lembar KTP dan kuota KK gratis yakni sebanyak 6.302 lembar KK.

“Kalau di Tugumulyo per Sabtu (25/10) KTP yang sudah tercetak yakni sebanyak 701 lembar KTP gratis dan untuk KK yang sudah tercetak yakni sebanyak 406 lembar KK gratis,” terangnya.

Sedangkan di Kecamatan Megang Sakti, kuota KTP gratis bagi warga yang kurang mampu adalah sebanyak 1.043 lembar dan KK gratis adalah sebanyak 7.015 lembar. “KTP yang sudah di Cetak per Sabtu (25/10) adalah sebanyak 908 lembar sedangkan KK yang sudah tercetak yakni sebanyak 169 lembar,” pungkasnya. (ME04)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More