29 Oktober 2008

Kandang Ayam di Air Satan akan Dikaji Ulang

MUSI RAWAS – Keluhan warga terhadap operasional kandang ayam di Dusun IV Desa Air Satan Kecamatan Muara Beliti ditanggapi serius Pemerintahan Desa Air Satan. Direncanakan dalam waktu dekat, akan digelar pertemuan antara pemilik kandang ayam dengan instansi terkait Pemkab Mura serta warga Air Satan.

“Nanti kita akan mengundang Pemkab Mura untuk membicarakan permasalahan yang ditimbulkan akibat kandang dengan jumlah ribuan ekor ayam tersebut,” kata Kades Air Satan, Ghufron kepada Musirawas Ekspres, Selasa (28/10). Dilanjutkan Ghufron, terkait persoalan tersebut, pemerintah desa tidak berhak menghentikan aktivitas peternakan ayam potong di Dusun IV Desa Air Satan itu. “Makanya kita akan mengundang dinas terkait untuk mencari solusi tepat mengenai persoalan ini, sebab kita tidak ingin merugikan pihak investor,” kata Ghufron.

Sementara itu, Camat Muara Beliti, Kgs Effendi Ferry S.STP M.Si mengatakan sejauh ini pihaknya belum mengetahui adanya kandang ayam itu. Makanya pihaknya tetap menunggu laporan tertulis dari Pemerintah Desa Air Satan agar nantinya dapat ditindaklanjuti kebenarannya.

“Setahu saya di Air Satan tidak ada kandang ayam dengan kafasitas besar, jikapun ada artinya tidak mengantongi izin. Namun untuk jelasnya kita menunggu laporan tertulis dari Pemerintah Desa Air Satan, jika memang benar maka kita akan bentuk tim khusus,” pungkas Ferry.

Seperti diinformasikan sebelumnya keberadaan kandang ayam menurut warga Desa Air Satan mengakibatkan munculnya ribuan lalat serta bau yang tidak sedap. “Warga khawatir dengan banyaknya yang berasal dari kandang ayam itu, serta baunya yang tidak sedap mengganggu lingkungan, puncaknya di Hari Raya Idul Fitri lalu,” kata warga. (ME04) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More