28 Oktober 2008

Tanpa Sentuhan Pembangunan, Tetap Jadi Tujuan Rekreasi Keluarga

Melihat Dari Dekat Bendungan T2 Purwakarta

Sebagai daerah yang luas Kabupaten Mura memiliki banyak potensi wisata yang menjanjikan. Satu satunya yakni Bendungan T2 Purwakarya yang lebih akrab disebut Dam T. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat tempat wisata ini menjadi pilihan keluarga walaupun sejauh ini masih cukup alami belum tersentuh pembangunan.

Oleh : RATIH D LUKITASARI-PURWODADI

Bendungan T2 Purwakarya sesuai namanya terletak di Desa T2 Purwakarya Kecamatan Purwodadi. Bangunan ini merupakan bendungan yang memiliki nilai jual dan nilai wisata yang tinggi terlepas dari fungsinya yang vital dalam mengairi areal persawahan guna mendukung Mura Lumbungan Beras sebagai daerah utama penyokong Lumbung Pangan Nasional.

Bendungan ini mengaliri areal persawahan yang ada disekitarnya, dan merupakan bendungan yang dibuat untuk irigasi sawah. Dengan bendungan ini arus air mengalir begitu deras dan lancar. Selain itu menjadikan satu pemandangan indah untuk dinikmati karena nampak seperti air terjun. Ditambah lagi pada atas bendungan ini dibuat jembatan gantung sehingga semakin memperindah kawasan ini. Kalau saja di sekitar daerah ini dibangun beberapa fasilitan pendukung wisata, bukan tidak mungkin lokasi ini menjadi aset wisata terbesar bagi Kabupaten Mura. Sebab dilihat dari lokasinya sangat tepat dibangun kawasan permainan dan fikni berlatar belakang alami.

Masyarakat yang datang ke Bendungan T2 Purwakarya ini bisa menikmati pemandangan alam disekitar yang masih hijau nan alami. Tumbuhan yang hijau dan areal persawahan disekitar jembatan T2 Purwakarya semakin memperindah pemandangan. Pemandangan ini sangat cocok untuk masyarakat yang ingin berekreasi melepas stress setelah terjebak dalam rutinitas dan kesibukan setiap harinya.

Di sekitar areal Bendungan T2 Purwakarya ini ada tanah lapang yang ditumbuhi ruput hijau. Sangat cocok digunakan untuk keluarga maupun muda-mudi yang ingin piknik di sana. 
Dengan membawa tikar ataupun karpet dan alasa lainnya suasana liburan di Bendungan T 2 makin asyik.

Beralaskan tikar satu keluarga besar atau kelompok pertemanan bisa makan bersama secara lesehan dengan dikelilingi tumbuhan dan suasana pedesaan ditambah lagi air terjun dari bendungan. Pemandangan ini sangat pas untuk melepas stress dan bergembira ria bersama keluarga maupun teman-teman. 

Selain pas digunakan untuk piknik, tanah lapang inipun juga cocok digunakan untuk berkemah. 
“Tempatnya enak buat nongkrong sama teman-teman sambil ngobrol,” ujar Sisilia, salah satu pengunjung dari Kota Lubuklinggau, saat ditemui Musirawas Ekspres, Minggu (26/10). 

Sisilia juga mengungkapkan bahwa Bendungan T2 memiliki pemandangan yang indah dan juga arus yang deras pada bendungan menambah nilai lebih. “Kalo pada hari minggu atau hari besar dan hari libur lainnya Bendungan T2 ini ramai dikunjungi orang. Biasanya dari orang sekitar sini maupun dari oralng luar daerah,” ujar Budi salah satu warga yang tinggal di sekitar Bendungan T2 Purwakarya. *

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More