22 Oktober 2008

Bagian Ekonomi Surati Tujuh Camat

*Segera Tebus Raskin

MUSI RAWAS-Adanya 40 desa/kelurahan di tujuh kecamatan yang tidak menebus beras untuk keluarga miskin (Raskin) di Bulog (Bagian Logistik) Mura cepat ditindaklanjuti Bagian Ekonomi Setda Mura. Terhadap tujuh camat yang di wilayah tugasnya ada desa/kelurahan tidak menebus Raskin karena masih menunggak, Bagian Ekonomi melayangkan surat.

Menurut Kepala Bagian Ekonomi Setda Mura, Drs EC Priskodesi surat disampaikan dengan harapan agar camat bersangkutan cepat Kades atau Lurah yang daerahnya masih belum menebus Raskin untuk beberapa bulan.

”Surat yang kita layangkan kepada tujuh camat yakni dengan nomor : 500/408/IV/TEL/2008 tertanggal 21 Oktober 2008 yang isinya meminta kepada camat agar memerintahkan Kades atau Luran menebus Raskin jangan sampai ada yang tertinggal. Untuk yang menunggak cepat dilunasi agar pagu (jatah) Raskin untuk bulan selanjutnya bisa ditebus guna didistribusikan kepada warga miskin,” jelas Priskodesi.

Surat ini menurutnya penting untuk segera ditindaklanjuti dan diindahkan. Mengingat masyarakat terkhususnya yang berada dalam garis kemiskinan saat ini sedang menjalani kondisi yang cukup sulit. Hal ini dipicu adanya krisis global yang berimbas pada anjloknya harga karet dan sawit. Jika biasanya penjualan satu kilogram karet sudah bisa untuk membeli satu kilogram beras, namun untuk saat ini tidak bisa karena harga karet benar-benar jatuh.

”Pada intinya daya beli masyarakat khususnya petani karet dan sawit sangat rendah. Nah dalam kondisi seperti ini Raskin sangat dibutuhkan dan membantu. Makanya jajaran aparatur pemerintahan terlebih Kades, Lurah dan Camat harus pintar-pintar memaksimalkan peluang ini. Jangan tunggu lagi, Raskin secepatnya ditebus untuk kemudian didistribusikan kepada keluarga miskin,” tambahnya. Menurut Priskodesi kehadiran Raskin saat ini sangat dinantikan dan tidak mungkin warga menolak untuk membeli.

”Lain halnya jika memang daya beli masyarakat tinggi ada kemungkinan warga enggan membeli Raskin. Namun untuk saat krisis global seperti saat ini Raskin manfaatnya sangat terasa dan langsung menyentuh. Untuk itu kepada Camat khususnya untuk berupaya menjalankan fungsinya mengkoordinir Lurah dan Kades agar lancar menebus raskin tidak sampai menunggak,” tambahnya. Dan yang tidak kalah pentingnya Camat diminta untuk memonitoring pendistribusian Raskin agar benar-benar lancar dan tepat sasaran. (ME-01) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More