22 Oktober 2008

Kodim 0406 Mura Pusat Gladi Posko I

LUBUKLINGGAU-Gladi posko I yang dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober s/d 23 Oktober 2008 oleh satuan tingkat Kodim se Korem 044 Garuda Dempo (Gapo), kemarin, di gelar di markas Kodim 0406 Musi Rawas. 

Pembukaan kegiatan gladi posko langsung dipimpin Danrem 044 Gapo, Kol Inf Edy Sumarto selaku inspektur upacara. Gladi Posko I, tujuannya untuk meningkatkan prosedur hubungan kerja dalam menyiapkan bantuan kepada pemerintah sipil selain perang serta merupakan salah satu operasi bakti TNI. 

Danrem 044 Gapo, Kol Inf Edy Sumarto mengatakan agar prajurit menyadari dalam dinamika yang dimiliki dengan korelasi yang tinggi. Dimana selain kesiapan tempur prajurit, juga dituntut untuk dapat membantu pemerintah. Sehingga apabila kurang mendapat respon akan sangat berdampak pada aparat territorial dilapangan. 

Karenanya, kata Edy salah satu langkah yang ditempuh untuk mempersiapkan bantuan kepada pemerintah adalah dengan melaksanakan gladi posko dilapangan. Dengan demikian diharapkan aparat territorial dapat memiliiki kemampuan yang handal dan tinggi untuk kepetingan bangsa dan negara. “Ini merupakan tugas operasi bantuan yang sejogyanya harus kita laksanakan selain perang,” ulangnya. 

Menyinggung masalah Mura menjadi pusat gladi posko, Edy menegaskan bahwa Mura dipilih sebagai salah satu daerah pemusatkan gladi posko I. Karena Mura merupakan jalur lintas Sumatera yang konsekunesinya merupakan salah satu daerah yang rawan serta memerlukan pengamanan ekstra.

Karena itu, dengan adanya gladi posko ini diharapkan agar prajurit dalam memanfaatkannya seoptimal mungkin. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme komandam Kodim. 

Acara ini sendiri dihadiri Walikota Lubuklinggau Drs H Riduan Effendi SH Msi, Asisten I Tata Pemerintahan Mura, Drs H Basri Soni B, SH, Wakapolres Lubuklinggau Kompol Sony MBA S.Ik serta pejabat dilingkungan Pemkot Lubuklinggau dan Pemkab Musi Rawas. (ME-02) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More