18 Oktober 2008

Stok Darah Masih Kosong

*Pelayanan 24 Jam untuk Donor 
LUBUKLINGGAU- Untuk mengantisipasi stok darah yang kosong unit laboratorium Palang Merah Indonesia (PMI) di RS dr Sobirin melakukan sistem pelayanan 24 jam bagi para pendonor darah yang akan melakukan donor darah.
Sebagaimana dikatakan Kepala Laboratorium PMI RS dr sobirin, Drs Tusan, saat dikonfirmasi Musirawas Ekspres, Jumat (17/10) menjelaskan sistem pelayanan 24 jam ini dilakukan sebagai upaya untuk melayani para donatur darah, baik sukarelawan tetap maupun sukarelawan tidak tetap” katanya.
Sebagaimana diketahui stok darah dirumah sakit umum untuk Oktober sekarang ini kosong, stok darah berbeda jauh ketika sebelum puasa, yakni mencapai 40-50 kantong. Tetapi menurut Tusan, biasanya stok darah diperoleh dari instansi atau lembaga yang memiliki moment acara tertentu, walaupun memang ada juga pendonor sukarelawan sekitar 100 orang biasanya datang langsung, tetapi sudah lebih dari tiga bulan ini para pendonor tidak tampak juga. “Kemungkinan sibuk dengan aktivitas masing- masing, tuturnya, ” jelasnya.
Ditambahkan pula, selama bulan Oktober ini ada permintaan darah sekitar 30 kantong, tetapi barangnya tidak ada, untuk itu pihaknya berharap semoga makin banyak para pendonatur yang terketuk hatinya untuk mendonorkan darahnya. Walaupun tidak ada jaminan uang untuk para pendonor, biasanya dapat obat, susu, dan telur sebagai ucapan terimakasih.
Sedangkan mengenai pendistribusian darah biasanya untuk yang satu kantong darah dikenakan biaya Rp 125 ribu sebagai Service Cost ( biaya pemeriksaan ). Sedangkan pada pihak pemerintah, Tusan berharap supaya tahun ini bisa merealisasikan mobil operasional unit PMI, yang telah diajukan tahun lalu tapi belum juga ada realisasi. (CW-03)  
   

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More