06 Oktober 2008

Selama Lebaran 5 Korban Tewas Lakalantas

*79 Korban Masuk Rumah Sakit
MUSIRAWAS-Ternyata angka kecelakaan selama Hari Raya Idul Fitri 1429 H cukup tinggi. Bahkan khusus di wilayah hukum Polres Musi Rawas diketahui ada lima korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Sementara itu data yang diterima Musirawas Ekspres dari beberapa rumah sakit di Lubuklinggau, jumlah korban yang dilarikan ke rumah sakit tidak kurang 79 orang.
 Dari 79 korban tersebut 34 diantaranya menderita luka berat (Lurat), bahkan ada yang menjalani perawatan di ruang ICU dengan kondisi tidak sadarkan diri. Sementara itu sisanya yakni 45 orang menderita luka ringan (Luring), mereka ini sempat dilarikan ke rumah sakit, namun tidak sampai dilarikan ke rumah sakit. 
  Data yang berhasil didapatkan dari Satlantas Polres Musi Rawas menyebutkan jumlah korban meninggal dunia akibat Lakalantas di Mura selama lebaran cukup banyak, yakni lima orang, tiga korban luka berat dan dua korban luka ringan. 
 Namun berbalik dengan informasi yang diterima dari Satlantas Polres Lubuklinggau. Selama lebaran ini tidak ada kecelakaan yang menonjol, bahkan korban meninggal dunia sama sekali tidak ada, kendati ada beberapa kecelakaan yang terjadi.
 “Selama lebaran tidak ada korban meninggal, memang ada satu kecelakaan menonjol yakni pemudik, dimana mobilnya terbalik di Kelurahan Tanjung Raya Kecamatan Lubuklinggau Utara I, namun korbannya hanya luka-luka,” jelas Kasat Lantas Polres Lubuklinggau, Iptu Jhoni Eka Putra melalui Kanit Laka, Aiptu Joko S, ketika dikonfirmasi Minggu (5/10) malam.
 Sementara itu data yang dihimpun Musirawas Ekspres di IGD RS dr Sobirin, tercatat 64 orang korban dilarikan ke IGD karena kecelakaan, sejak Selasa (30/9) hingga Sabtu (4/10). Dari 64 orang tersebut 30 orang diantaranya menderita luka berat, sedangkan sisanya 34 orang luka ringan.
 Masih berdasarkan data tersebut, rata-rata korban kecelakaan yang dilarikan ke RS dr Sobirin adalah pengendara sepeda motor. Dengan kecelakaan terbanyak antara sepeda motor dengan sepeda motor, kemudian dengan mobil, serta jatuh/terbalik sendiri, serta ada satu korban kecelakaan karena dijambret.
 Lain lagi data yang diterima Musirawas Ekspres dari pihak RS Hapsari Medika Lubuklinggau, selama lebaran ada 14 orang yang dilarikan ke sana karena mengalami kecelakaan lalu lintas. Namun dari 14 orang itu, hanya empat orang yang menderita luka berat, sedangkan sisanya 10 orang hanya luka ringan. Bahkan Minggu (5/10) seluruh korban yang rawat inap sudah pulang. Terakhir di RS DKT Lubuklinggau, tercatat hanya satu saja korban kecelakaan yang dilarikan ke sana, itupun hanya luka ringan. (ME-03/CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More