06 Oktober 2008

Minggu, Puncak Arus Balik


*Fakhmi : Secara Keseluruhan Jumlah Penumpang Naik
LUBUKLINGGAU-Tidak hanya untuk angkutan lebaran di Jawa, khusus arus balik menggunakan angkutan KA (Kereta Api) dari Stasiun KA Lubuklinggau kemarin, Minggu (5/10) mencapai puncaknya. Jumlah penumpang dibandingkan untuk angkutan lebaran hari-hari sebelumnya paling banyak. Untuk KA Sindang Marga yang berangkat tadi malam jumlahnya mendekati angka 1.000. Bahkan banyak penumpang yang rela membeli karcis TT (tanpa tempat duduk, red).
 “Sebenarnya kita ingin menambah sebanyak-banyaknya gerbong agar tidak ada penumpang yang berdiri. Namun kapasitasnya terbatas, lokomotif hanya mampu menarik maksimal 11 rangkaian,” jelas Kepala Stasiun KA Lubuklinggau, Fakhmi kepada Musirawas Ekspres. Untuk KA Sindang Marga yang diberangkatkan tadi malam, seperti sebelumnya berjumlah 11 gerbong meliputi dua gerbong eksekutif, lima gerbong bisnis, satu kereta makan, satu gerbon mesin dan dua gerbong ekonomi untuk tambahan.
 “Jika biasanya rata-rata penumpang untuk kelas bisnis berjumlah 400 orang, untuk malam ini (tadi malam, red) mengalami peningkatan cukup signifikan bisa lebih 500 orang, belum lagi ditambah 96 penumpang kelas eksekutif, 200 lebih untuk gerbong tambahan dan belum lagi penumpang dengan karcis TT. Jumlahnya bisa jadi mendekati angka 1.000 orang,” kata Fakhmi. 
 Hal yang sama berlaku untuk KA Serelo kelas ekonomi yang berangkat kemarin. Menurutnya penumpangnya juga mengalami peningkatan dan bisa jadi merupakan jumlah penumpang terbanyak. Padahal pihak Stasiun KA Lubuklinggau sudah menambah tiga gerbong bisnis. “Yang pasti melihat catatan pada Posko yang kita siapkan, secara keseluruhan terjadi peningkatan jumlah penumpang angkutan lebaran baik mudik maupun balik. Hanya saja angka pastinya belum bisa kita sampaikan karena masih akan dikalkulasikan untuk mendapatkan angka yang benar-benar konkret,” katanya. (ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More