08 Oktober 2008

Instalasi Air Bersih di Kosgoro Terkesan Mubazir


MUSI RAWAS – Pembangunan instalasi air bersih di Desa Kosgoro Kecamatan STL Ulu Terawas terkesan mubazir, lantaran sudah dua tahun terakhir sarana air bersih tersebut tidak juga difungsikan0.
 “Instalasi air bersih Desa Kosgoro tidak difungsikan karena warga lebih memilih air sumur yang mereka bangun sendiri dan dianggap lebih bersih. Akibatnya Intalasi air bersih tersebut tidak difungsikan secara maksimal,” ungkap Dirman, warga Desa Kosgoro kepada Musirawas Ekspres. Dikatakan Dirman pada awalnya pembangunan instalasi air bersih Desa Kosgoro disambut positif warga karena nantinya mereka akan memiliki sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi setelah beroperasi ternyata air yang dihasilkan dari sumur bor instalasi air bersih bercampur dengan lumpur sehingga warga lebih memilih menggunakan air sumur.
 “Awalnya warga mengira instalasi tersebut sama dengan air ledeng layaknya di perkotaan, ternyata air dari hasil pengeboran banyak mengandung lumpur dan sangat kotor jika dibandingkan dengan air sumur warga,” tukas Dirman.
Untungnya lanjut Dirman, warga tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. “Mayoritas warga di sini memiliki sumur sendiri dan tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan air bersih, jadi instalasi air bersih tersebut saat ini menjadi hiasan di Desa Kosgoro,” tukas Dirman.
 Sementara itu, Kades Kosgoro, Samsul Agais, membenarkan jika instalasi air minum tersebut tidak lagi difungsikan karena air yang dihasilkan dari pengeboran bercampur lumpur.
“Karena air yang dihasilkan bercampur lumpur, warga jadi enggan untuk mengkonsumsi air yang dihasilkan dari sumur tersebut dan lebih memilih air sumur sendiri,” kata Samsul.
 Dilanjutkannya, selain kualitas air yang kurang standar, sistim penyaluran air pun tidak seluruhnya menyentuh ke rumah-rumah warga. Pipa yang ada hanya tidak dapat menyalurkan air ke rumah warga hanya mencapai beberapa meter saja dari sarana air bersih itu sehingga warga enggan untuk mengelola sarana air bersih itu,” tukasnya. (ME04)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More