16 Oktober 2008

8 Kecamatan Kategori Rawan Banjir

*Ajuan Bantuan Peralatan ke Mensos
MUSI RAWAS – Intensitas curah hujan memasuki musim penghujan akhir tahun ini mulai meningkat. Terkait hal itu Dinas Sosial Kabupaten Mura terus melakukan pemantauan terhadap daerah yang rawan banjir. Terlebih dengan bertambahnya jumlah kecamatan di Mura yang rawan banjir dari sebelumnya hanya lima menjadi delapan kecamatan.
 “Kita terus meningkatkan pemantauan terhadap perkembangan delapan desa yang rawan banjir, karena saat curah hujan mengalami peningkatan,” Jelas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mura, Drs Marzuki Tama melalui Kasi Bencana Alam, Evan Saipani kapada Musirawas Ekspres. Dikatakan Evan, delapan kecamatan yang terdeteksi sebagai daerah rawan banjir yakni Kecamatan Ulu Rawas, Rawas Ulu, Rupit, Karang Dapo, Rawas Ilir, Muara Lakitan, Muara Kelingi, dan TP Kepungut. “Kedelapan kecamatan ini setiap tahunnya berkemungkinan besar dilanda banjir dan saat ini kami terus melakukan pemantauan mencari informasi dari anggota Satgas bencana. Selain itu juga turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan langsung,” ujar Evan.
 Dilanjutkan Evan saat ini pihaknya bekerjasama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Mura yang berjumlah 15 orang. “Saat ini telah terbentuk Posko koordinasi dan informasi bencana, sebanyak 15 anggota Tagana siap 24 jam untuk turun ke lapangan jika ada informasi terjadinya bencana alam dan kebakaran,” jelasnya.
  Dilanjutkan Evan, untuk menanggulangi bencana alam di Kabupaten Mura pihaknya sejak tahun 2006 telah melatih 130 orang Satgas bencana ditambah pasukan Tagana direkrut tahun 2006 lalu sebanyak 10 orang ditambah pada tahun ini sebanyak 15 orang dimana dua diantaranya perempuan. 
  “Selain didukung oleh personil, Dinsos juga memiliki peralatan diantaranya tenda pleton, tenda regu, perahunkaret, rompi renang, peralatan dapur umum, genset, lampu sorot, dan valbet,” ujar Evan. Tidak hanya itu, lanjut Evan pihaknya saat ini telah mengirimkan surat kepada Menteri RI Cq Dinas Sosial Provinsi yang ditandatangani oleh Bupati prihal meminta bantuan peralatan penanggulangan bencana. Diantaranya peralatan menyelam 2 unit, perahu dolpin satu unit, perahu karet 3 unit dan mobil box 1unit.
“Peralatan yang telah dimiliki oleh Dinsos saat ini masih terbatas dengan demikian kami meminta bantuan kepada Mensos untuk memberikan bantuan peralatan untuk penanggulangan bencana,” pungkasnya. (ME04)

8 Kecamatan Rawas Banjir
No Kecamatan
1 Ulu Rawas
2 Rawas Ulu
3 Rupit
4 Karang Dapo
5 Rawas Ilir
6 Muara Lakitan
7 Muara Kelingi
8 TP Kepungut

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More