10 Mei 2010

Mobil Perusahan Hancurkan Jalan SP 10 HTI

MUSI RAWAS-Sepanjang tahun 2010 ini, warga Desa SP 10 Eks HTI Kecamatan Muara Lakitan harus menikmati kondisi jalan berlumpur dengan kedalaman lutut orang dewasa. Tidak itu saja, kerusakan jalan poros sepanjang 10 Km dari SP 9 Kecamatan BTS ULu menuju SP 10 HTI diperkirakan akan mempengaruhi harga sembilan bahan pokok. Kerusakan jalan yang semakin parah tersebut diakibatkan ativitas kendaraan over tonase milik perusakaan yang melintasi jalan tersebut.

“Kondisi ruas jalan menuju Desa SP 10 HTI Kecamatan Muara Lakitan dalam keadaan hancur dan sulit untuk dilalui akibatnya warga desa terancam terisolir jika jalan tidak segera diperbaiki, roda empat jenis L 200 pun belum tentu tembus, apalagi untuk jenis mobil kecilnya,” ujar Firdaus, warga SP 10 HTI.

Kerusakan jalan sejak musim hujan awal 2010 lalu, kata Firdaus sudah berimbas terhadap warga setempat khususnya Sembako pasalnya pedagang kesulitan untuk keluar desa membeli kebutuhan rumah tangga tersebut. Akibat kawasan paling Timur Kabupaten Musi Rawas mengalami krisis kebutuhan pokok.

“Kondisi menyebabkan suplay sembako mengalami kekurangan sehingga harganya melambung, apalagi minyak tanah dan bensin. Bayangkan saja untuk ke Lubuklinggau warga membutuhkan waktu seharian, dan jika ingin pulang terpaksa harus menginap terdulu,” keluhnya. Firdaus mengungkapkan kerusakan jalan menuju SP 10 HTI sepanjang 10 km tersebut disebabkan aktivitas kendaraan berat perusahaan yang beroperasi di daerah tersebut diantaranya PT Medco, PT Musi Hutan Persada (MHP) dan PT Pertamina.

Terkait hal ini, warga berharap Pemkab Mura dan pihak perusahaan agar dapat melakukan perbaikan badan jalan, pasalnya masyarakat setempat sudah cukup tersiksa dan resah dengan kondisi jalan.

“Kami mengharapkan jalan tersebut dapat diperbaiki dan bahkan dibangun hingga Hotmix agar masyarakat tidak menjadi kendala menjual hasil bumi dan memdapatkan suplai Sembako,” pungkasnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More