27 Mei 2010

Kasus Pelemparan Mobil Ridwan Mukti Sepakat Damai

MUSI RAWAS-Kasus pelemparan terhadap mobil Mitsubishi Strada yang ditumpangi Calon incumbent Bupati Musi Rawas, H Ridwan Mukti dan mobil pick-up yang ditumpangi simpatisan Misi-Agung diselesaikan dengan cara damai. Demikian dijelaskan Kapolres Musi Rawas AKBP Imam Sachroni kepada wartawan, Rabu (26/5) siang.

“Saya sudah mempertemukan Timses semua pasangan dan mengingatkan kembali masing-masing timses dan pasangan tentang komitmen Pemilukada damai. Kemudian dari Timses RM-HG dan Misi-Agung juga sepakat, bahwa masalah yang terjadi di Rupit dan Terawas diselesaikan dengan jalur damai,” jelas Kapolres.

Dengan adanya kesepatan damai ini, maka Kapolres memutuskan kasus tersebut tidak akan diproses hukum. Kendati diakui Kapolres, pihaknya sudah memeriksa saksi-saksi dan sudah ada gambaran pelaku pelemparan baik di Rupit maupun di Terawas.

“Karena sudah sepakat damai, maka proses hukumnya dihentikan. Dan mobil yang kacanya pecah tinggal diganti saja,” ujarnya sambil menjelaskan kedua mobil sementara masih diamankan di Mapolres Musi Rawas karena belum diambil.

Terkait kedua peristiwa itu, Kapolres meminta kepada masing-masing Timses agar jangan sampai lepas kontrol terhadap massanya. Karena Timses bertanggung jawab mengendalikan simpatisan dan harus mengkoordinir di satu komando.

Kemudian Kapolres juga mengingatkan, agar jangan sampai lagi mengulangi kejadian yang serupa. Karena pihaknya tentu akan melakukan tindakan tegas dan tidak ada toleransi lagi, karena masing-masing timses memiliki kewajiban agar Pemilukada aman, tertib dan lancer. Apalagi jika terjadi kekacauan pasti akan menganggau ketertiban umum.

“Karena itu saya minta komitemen dari masing-masing timses dan pasangan, agar dalam segala kegiatan selalu damai dan menahan diri. Jika memang dirasa tidak bisa mengendalikan simpatisan, saya harapkan jangan membawa simpatisan terlalu banyak, karena tentunya tidak menguntungkan,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya pelemparan mobil yang ditumpangi Ridwan Mukti terjadi Selasa (25/5) sekitar pukul 12.00 WIB dilempari beberapa orang di depan Rumah Makan Telago Indah Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit. Sedangkan pelemparan mobil yang ditumpangi simpatisan Misi-Agung terjadi di Kelurahan Terawas Kecamatan STL Ulu Terawas, tidak jauh dari polsek sekitar pukul 17.30 WIB. (ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More