24 Mei 2010

Debit Air Berkurang, PU Pengairan Salahkan Watervang

*Adanya Pengdangkalan
MUSI RAWAS–Kepala Dinas PU Pengairan Musi Rawas, H Nito Maphelindo mengatakan, berkurangnya pasokan air irigasi di saluran sekunder di Kecamatan Tugumulyo dan sekitarnya bukan disebabkan menjamurnya kolam air deras. Kondisi tersebut lebih disebabkan karena terjadinya pendangkalan BK 0 Watervang.

“Sejak 2006 hingga 2007 permasalah debit air ini mulai muncul, penyebabnya akibat pendangkalan PKO di Dam Watervang. Sistim pengairan di Musi Rawas masih mengandalkan debit air Watervang, namun saat ini karena Watervang bukan milik Musi Rawas maka pemantaun sulit dilakukan,” jelas Nito pada paripurna LKPJ AMJ Bupati Mura minggu lalu.

Untuk itu lanjut Nito Maphelindo pihaknya kembali akan mengaktifkan komisi Pengairan untuk mengatasi permasalahan kekurangan air di beberapa kecamatan penghasil beras.

Terpisah wardi, petani dan pemilik kolam air deras di Kecamatan Tugumulyo sejak tiga tahun terakhir mengaku kesulitan mendapatkan pasokan air yang cukup untuk menjalankan usahanya. Wardi petani sawah Desa D Tegal Rejo mengungkapkan akibat berkurangnya debit air ke sawah hasil produktivitas pertanian mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

”Biasanya sekitar tahun 80-90 an, sawah yang kami garap ini bisa panen dalam setahun tiga kali, namun karena pasokan air yang tidak normal sekarang kita kadang tak bisa panen, kadang cuma 1 kali setahun,” ujar Wardi Sabtu (22/05).

Normalnya debit air yang masuk ke saluran induk menurut petani harus berkecepatan 200 kilometer perdetik. saat ini disaluran induk kecepatan air yang ada turun drastis, kondisi ini mengancam keberadaan sawah dan kolam air deras.

“Akibat kekuranga air ini, produktivitas panen petani turun kemudian proses penanaman dan pembibitan juga terkendala. Selain itu pengusaha ikan juga ikut rugi karena ikan mereka sulit berkembang biak dan banyak yang mati. Persoalan ini sudah disampaikan kepada legislatif,” ungkapnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More