22 Mei 2010

Bukit Cogong Banyak Mendatangkan Uang

*Parkir Satu Hari Bisa Rp 4 juta
SUMBER HARTA
-Walaupun belum dikembangkan secara optimal, potensi Objek Wisata Alam Bukit Cogong di Desa Sukakarya Kecamatan Sumber Harta cukup menjanjikan. Bukan hanya menjanjikan objek wisata tersebut sudah cukup banyak mendatangkan uang. Dalam artian peredaran uang atau transaksi di kawasan tersebut sangat besar bahkan warga sekitar sudah mendapatkan imbasnya bisa mengumpulkan uang dari potensi tersebut.

Seperti halnya disampaikan Kepala Bagian Humas Setda Mura, H Syahfaz Ratu PN didampingi Muzir Hendres kepada Musirawas Ekspes Jumat (21/5). Menurut Muzir dari informasi yang disampaikan Kades Sukakarya, Suryoto intinya Objek Wisata Bukit Cogong sudah nenjadi tujuan wisata bagi para wisatawan baik dari Musi Rawas, Lubuklinggau bahkan daerah lain.
”Pengunjung Bukit Cogong terus meningkat. Pastinya bukan bertambah sepi tapi sebaliknya selalu ramai. Bahkan bukan hanya terpaku pada hari libur, hari biasa pun pengunjungnya lumayan cukup banyak,” ungkap Muzir.

Kondisi tersebut ternyata menarik perhatian pemerintah desa setempat untuk kemudian dioptimalkan. Maksudnya walaupun belum sesuai standar atau terprogram dengan bagus, namun warga dikoordinir pemerintah desa mencoba mengelolanya sehingga pada kenyataannya bisa membantu masyarakat.

”Menurut Pak Kades sejauh ini ada sekitar 35 anggota Karang Taruna yang diberdayakan untuk ikut mengelola Objek Wisata tersebut,” kata Muzir.

Ke-35 anggota Karang Taruna itu ditugasi untuk beberapa pos. Diantaranya sebagai keamanan, pelayanan guide atau pemandu wisata serta petugas parkir.
”Dengan demikian pengunjung akan benar-benar nyaman dan merasa aman. Sementara para pemuda ini pun mendapatkan pemasukan yang tidak sedikit,” katanya.

Untuk parkir misalnya pendapatan satu hari khususnya Minggu atau hari libur pendapatan bisa mencapi Rp 3 juta bahkan bisa sampai Rp 4 juta. Ini didapatkan karena pengunjung sangat banyak, untuk sepeda motor bisa mencapai ribuan ditambah mobil. Jadi semuanya memang dioptimalkan sehingga bisa menghasilkan uang. Sejauh ini ditambahkan Muzir, Objek Wisata Alam Bukit Cogong yang juga sudah mulai diperhatikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mura benar-benar diminati.

”Pengunjung yang datang tampaknya puas dengan keindahan alamnya. Misalnya pesona air gunung dan bebatuan, tempat rekreasi yang alami dengan pemandangan yang indah ditambah lagi ada beberapa arena bermain dengan mengedepankan uji nyali,” katanya.

Selain pendapatan tersebut warga sekitar juga merasakan dampak besar yang sangat positif akibat ramainya pengunjung di Bukit Cogong tersebut. Diantaanya warga yang membuka warung di sekitar lokasi.

Seperti halnya diungkapkan Yeni, warga sekitar Bukit Cogong. Dikatakan ibu satu anak ini penghasilan dari penjualan makanan ringan seperti goreng-gorengan, snack dan minuman kaleng yang ditekuninya cukup lumayan. Satu hari menurut Yeni penghasilannya bisa mencapai Rp 200 ribu bahkan pernh hingga Rp 600 ribu.
”Lumayan lah msa untungnya cukup untuk menambah pendapatan mencukupi kebutuhan rumah tangga. Ya itung-itung bantu suami mas,” ungkapnya. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More