21 Mei 2010

MHP Dituding Rusak Sungai Semangus

MUSI RAWAS-PT Musi Hutan Persada (MHP) dituding Kades Semangus Lama, Husen Rivai menjadi biang pengerusak Sungai Semangus yang membelah desanya. Demikian diungkapkan Husen Rivai, saat rapat pertemuan di Pemkab Musi Rawas, Kamis (20/5).

Dijelaskannya, bahwa lahan yang digunakan MHP untuk penanaman Akasia Mangium adalah kebun warga Semangus Lama. Hanya saja setelah MHP dibuka, maka sama sekali tidak ada kontribusi bagi Desa Semangus Lama.

“Sampai saat ini tidak ada kontribusi. Bahkan kondisi Sungai Semangus terjadi abrasi akibat penggundulan hutan di bagian hulu tepatnya lahan MHP. Kemudian sampai saat ini juga tidak ada program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi desa kami,” katanya.

Kemudian soal kerusahan Sungai Semangus, dikatakannya sebelumnya lebar sungai hanya 65 meter tepatnya pada empat tahun lalu, namun kini saat diukur ulang untuk dibuat jembatan ternyata sudah mencapai 100 meter.
“Jadi kami minta kontribusi dari MHP bagi masyarakat, karena selama ini kendati berada di lahan Semangus Lama, tapi belum ada kontribusinya,” tegasnya.

Terpisah Kepala Divisi CSR PT MHP, Taufan Syarif ketika ditanya Musirawas Ekspres soal tudingan itu, menjelaskan soal abrasi sungai harus dibuktikan secara ilmiah. Pasalnya PT MHP dalam penebangan pohon Akasia Mangium mengacu pada aturan-aturan yang baku.

Sesuai aturan tidak diperbolehkan menembang pohon dalam radius 50 meter dari tepi sungai.

“MHP tidak mungkin merusak sungai, karena tujuannya memelihara hutan bukan merusak hutan,” ujarnya sambil menjelaskan tidak semua lahan MHP adalah lahan produksi, namun juga ada lahan konservasi.

Selanjutnya, mengenai CSR menurutnya sudah dilakukan terus-terusan di daerah sekitar MHP, bahkan dalam waktu dekat akan dibantu perbaikan tiga jembatan.
“Di Semangus Lama ada program CSR, dan kami sering kontak dengan kades terdahulu. Mungkin kades yang baru ini, belum mengetahui adanya program CSR di sana,” tambahnya. (ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More