14 Mei 2010

Petani Khawatir Serangan Makan Malam

MUSI RAWAS- Puluhan petani di Kecamatan Purwodadi memasuki musim panen pertama 2010 ini tidak hanya mengkhawatirkan serangan hama tikus dan tunggro. Pasalnya petani memprediksi tanaman padi mereka mulai terserang penyakit Makan Malam sejenis hama Semut.
Hal ini diakui Hariadi petani Desa Karyadadi Kecamatan Purwodadi, dikatakannya untuk tahun ini puluhan hektar sawah banyak terserang penyakit makan malam. Penyakit makan malam menyebabkan padi IR 64 tanamannya terasa hampa sebab saripati tanaman padi telah dihisab hama jenis semuit tersebut.

Dikatakanya serangan penyakit makan malam ini hampir terjadi setiap musim namun tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Selain itu hama tungro dan tikus terus menjadi permasalahan utama setiap musim tanam.. “Untuk musim tanam sekarang ini serangan tungro sudah terlihat dari ciri-cirinya warna padi berubah merah,”jelasnya.

Ditambahkannya untuk mengantisipasi serangan tungro dan tikus sering adaakan pengarahan dari pemerintah melalui petugas penyuluh, sebagian besar petani sudah mengikuti anjuran penyuluih agar mengganti jenis bibit padi.

“Untuk mengatasi serangan tungro harus diganti jenis Ciherang, karena varietas ini tahan terhadap tungro, hal ini perlu diperhatikan karena lahan petanian Kecamatan Purwodadi termasuk daerah endemis Tungro,”jelasnya.(ME06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More