29 Mei 2010

Umat Budha Gelar Doa Bersama

LUBUKLINGGAU-Memperingati Waisak 2254 BE tahun 2010 yang jatuh Jumat (28/5), ratusan umat Budha Kota Lubuklinggau menggelar doa bersama. Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan di Vihara Budha Indonesia Kota Lubuklinggau, Kelurahan Taba Jemekeh Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Upacara menyambut detik Siddhi dilakukan pada pukul 05.00 WIB di Vihara dengan memanjatkan doa bersama. ‘Namo sangyang adi budhayana, Namo tasaa bhagavato arahat samma sambudhassa, Namo sarve bodidsatwaya mshasattwaya’.

Demikian penggalan pemujaan mengawali doa bersama yang dilakukan oleh umat Budha di vihara itu menandai Purnamasiddi di bulan Waisak yang telah tiba seluruh umat Budha mengenang dan merenungkan kembali makna spiritual Sang Budha.

Menurut Ketua Pelaksana Gelar Doa Bersama Peringatan Waisak, Aries kepada Musirawas Elspres di sela-sela pemujaan di vihara mengatakan peringatan Waisak tahun ini tidak ada kegiatan lain kecuali berdoa bersama.

Peringatan waisak 2254 tahun 2010 mengambil tema “kesadaran penuh waisak menyadarkan kembali pada nilai-nilai spiritual dan nasionalisme”. Dikatakan Aries ada tiga peristiwa di balik peringatan Hari Raya Waisak. Pertama adalah peristiwa lahirnya Pangeran Siddhartha Gautama yang dilahirkan di Taman Lumbini, Nepal, India, 623 sebelum Masehi.

”Kedua, pertapa Pangeran Siddhartha Gautama mencapai sempurna di usia 35 tahun di Bodh Gaya. Terakhir adalah peristiwa meninggalnya Siddhartha Gautama pada usia 80 di Kusinara pada 543 SM,” jelas Aries.

Dalam peringatan tersebut diharapkan umat Budha kembali memperhatikan nuansa kedinamisan antara sesama, sehingga kapsitas mental sebagai manusia yang memiliki jiwa spiritual semakin menunjukan keharmonisan di dalam hidup.

Disamping itu peringatan tersebut selain mengenang tiga peristiwa penting tadi sebagai perenungan diri terhadap karakter yang penuh bijak dan kepedulian terhadap mahluk lainya.

“Sehingga mewujudkan kehidupan bemasyarakat yang bermartabat,” jelasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More