19 Mei 2010

GM Muratara Minta Panwaslu-KPU Jangan Mati Suri

*Tindaklanjuti Laporan Pelanggaran Pemilukada
MUSI RAWAS
-Selama berlangsungnya tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) sudah banyak pelanggaran yang dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mura.

Tapi dari laporan tersebut tidak satupun yang ditindaklanjuti oleh pengawas pemilu ini. Bahkan terkesan tidak ditindaklanjuti. Padahal sebagai pengawas pemilu, implementasi pengawas harus menindaklanjuti laporan pelanggaran yang dilaporkan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) maupun tim pemenangan masing-masing kandidat.

Menurut Ketua Gerakan Mahasiswa (GM) Muratara, Ichandra, kepada Musirawas Ekspres, kemarin (18/5) menilik dari kenyataan itu sebagai kalangan mahasiswa khususnya GM Muratara menghimbau kepada Panwaslu dan KPU Mura jangan terkesan mati suri.

Mengapa dikatakan mati suri, karena hingga saat ini belum ada menindaklanjuti laporan pelanggaran pemilukada yang terjadi. “ Kita lihat saja sekarang sudah banyak sekali pelanggaran pemilukada yang terjadi,”ungkapnya.

Perlu diakui saat ini pemilukada Mura belum memasuki tahapan masa kampanye. Nah pelanggaran-pelanggaran yang dilaporkan sebelum tahapan kampanye, yakni pemasangan atribut kampanye sebelum jadwal kampanye ditetapkan.
Banyak laporan pelanggaran seperti kampanye salah satu kandidat berkedok turnamen olahraga.

Apakah laporannya lengkap? Icandra menegaskan laporan yang disampaikan ke Panwaslu lengkap dengan bukti-bukti yang ada. “ Tapi ya itu tadi sampai sekarang Panwaslu maupun KPU belum ada aksi untuk menindaklanjuti, Cuma menerima laporan dan mempelajari saja,”sindirnya.

Untuk itu GM Muratara berharap kepada Panwaslu dan KPU sebagai lembaga yang mempunyai tanggungjawab dalam hal pelaksanaan pemilukada untuk menindaklanjuti laporan pelanggaran pemilukada. “ Mohon setiap laporan ditindaklanjuti Panwaslu dan KPU sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, demi terjaganya pemilukada langsung umum bebas rahasia, jujur dan adil,”pintanya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More