22 Mei 2010

Usulkan 35 Milyar untuk Penataan Listrik

LUBUKLINGGAU- Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Pekerjaan Umum Bidang Pertambangan dan Energi telah mengusulkan program penataan listrik perkotaan kepada Kementrian Pertambangan Energi Rp 35 milyar. Demikian diungkapkan Kabid Pertambangan dan Energi Dinas PU, Febriansyah kepada Musirawas Ekspres, Kamis (20/5).
Menurut rencana seluruh aliran listrik yang ada di dalam kota tidak lagi mengunakan kabel gantung akan tetapi akan dialihkan menjadi kabel bawah tanah. Tetapi mengingat angaran Lubuklinggau sangat terbatas untuk kegiatan tersebut, Pemkot Lubuklinggau mengupayakan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat.

Namun 2010 ini mengusulkan untuk penataan litsrik terutama aliran yang ada di Jl Yos Sudarso, A Yani dan jalan Sudirman maupun di area pasar inpres. Penataan yang rencanya akan dilakukan Pemkot Lubuklinggau yakni mengganti sistem kabel bawah tanah

Menurut Febri kabel aliran listrik yang ada saat ini mempunyai tengangan sangat tinggi, selain itu kapasitas kabel terlalu berat untuk jalur tegangan di atas jalan raya. Akan berbahaya apabila kabel tersebut putus, selain itu tiang yang ada di sisi jalan juga akan mengganggu area parkir di daerah tertib lalu lintas.

Namun demikian program tersebut masih bersifat rencana sebab untuk merealisasikan kegiatan itu butuh dana yang cukup besar, kurang lebih 35 milyar namun itu hukan hanya untuk keperluan penataan listrik saja. Tetapi akan dialokasikan untuk kegiatan lainya yang berhungan dengan kelistrikan di wilayah kota Lubuklinaggau ini.

Disamping penataan listrik di ruang kota, Pemkot Lubuklinggau juga sudah merencanakan sejumlah program pemanfataan energi alterntif seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tanaga air (PLTA). PLTS rencana akan di alokasikan di Kelurahan Jukung sementara untuk PLTA belum pasti sebab pernah di uji coba di Air Temam kondisi air tidak stabil sehingga tenaga yang dihasilkan kurang maksimal. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More