18 Mei 2010

Terganjal Dana, Kinerja BNK Lubuklinggau Tak Maksimal

LUBUKLINGGAU-Program dan kinerja Badan Narkotika Kota (BNK)Kota Lubuklinggau dalam memerangi bahaya pemakaian dan pengedaran narkoba ditengah masyarakat belum berjalan secara maksimal.

Penyebabnya karena minimnya anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau untuk melakukan sosialisasi. Dampak lainnya, sejumlah agenda kegiatan yang sudah direncanakan tidak dapat berjalan effektif.

Ketua BNK Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe, kepada Musirawas Ekspres, Senin (17/05) mengungkapkan, idealnya anggaran dana kegiatan BNK dalam satu tahun sekitar Rp.1,8 miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk membantu kegiatan bersifat sosialisasi bahaya narkoba di 72 Kelurahan dalam Kota Lubuklinggau.

“Sementara anggaran BNK Lubuklinggau sekarang ini hanya Rp. 150 juta/tahun. Dana itu menurutnya kurang memadai untuk melakukan sejumlah kegiatan yang bersifat sosialisasi bahaya narkoba terhadap sekitar 200 ribu masyarakat. Jadi wajar saja kalau terkesan kegiatan yang dilakukan BNK kurang effektif,” ujarnya.

Dari besaran dana tersebut, hingga kini BNK baru dapat melakukan sosialisasi melalui baliho, spanduk dan beberapa kegiatan saja. “ Sedangkan agenda kami masih fokus pada sosialisasi bahaya narkoba,” katanya.

Menurut Prana, saat ini dia sudah memikirkan terobosan supaya kegiatan sosialisasi bahaya narkoba terhadap masyarakat di 8 Kecamatan dapat berjalan dengan baik. “Saya pikir lebih baik memberikan stimulan dana sekitar Rp. 2 juta/bulan bagi 72 Kelurahan untuk mengadakan kegiatan yang berkenaan tentang sosialisasi narkoba,”terangnya.
Sebab, kendala paling utama yang dirasakan masyarakat atau lembaga untuk melakukan kegiatan adalah modal dana awal.

Selain itu, Prana Sohe juga menghimbau kepada seluruh Kepala Sekolah dan guru pendidikan, mulai tingkat SD, SMP dan SMA untuk menggalakkan anak didiknya mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yang ada disekolahnya. “Dengan adanya kegiatan ekstra kulikuler sekolah, para siswa dapat fokus dalam satu kegiatan sehingga diharapkan mereka dapat terjauhi dari narkoba,” pungkasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More