17 Mei 2010

Pembobol Brankas BRI Diringkus

MUSIRAWAS-Hampir tiga tahun buron, akhirnya Doni Irawan (30) warga Desa G1 Mataram Kecamatan Tugumulyo ditangkap polisi. Ia ditangkap Sabtu (15/5) sekitar pukul 17.00 WIB saat sedang santai di rumahnya tanpa perlawanan berarti.

Doni ditangkap, karena diduga pelaku pembobolan brankas Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit O Mangunharjo, 7 September 2007 sekitar pukul 21.00 WIB senilai Rp 46,5 juta. Tersangka yang sebenarnya petugas penjaga malam BRI unit O Mangunharjo diperkirakan adalah otak dalam pembobolan itu.

Kapolres Musi Rawas AKBP Imam Sachroni melalui Kasat Reskrim AKP Maruly Pardede kepada Musirawas Ekspres menjelaskan, tersangka yang sejak melakukan pembobolan Bank BRI tersebut melarikan diri ke Cilacap, Jawa Tengah. Namun setelah sekitar tiga tahun karena sudah cukup lama, tersangka kembali ke Tugumulyo.

Namun anggota polisi yang mendapatkan informasi dari masyarakat tentang keberadaannya itu langsung melakukan penyelidikan dan pengkapan terhadap tersangka. “Sehingga tersangka saat ditangkap sedang berada di rumahnya dan dalam keadaan istirahat dan santai itu,” katanya.

Ditambahkan Kasat, kini tersangka sudah diamankan di Polres Musi Rawas untuk menjalani proses penyidikan. Sementara itu ketiga tersangka lainnya dalam pembobolan itu sudah lebih dahulu dihukum bahkan kini sudah bebas.

Kronologis kejadiannya, tersangka Doni Irawan selaku penjaga malam di BRI unit O Mangunharjo meminta bantuan kepada Suro Widarto, Suyitno dan Mahmuian untuk membuak brankas dengan alasan kunci hilang. Kemudian Suro Widarto, Suyitno dan Mahmuian yang berprofesi tukang las, memenuhi permintaan Doni dengan upah Rp 500 ribu per orang.

Setelah brankas berhasil dibuka ternyata Doni langsung mengambil uang di dalamnya yakni Rp 46,5 juta kemudian kabur ke Cilacap. Sementara Suro Widarto, Suyitno dan Mahmuian yang sama sekali tidak mengetahui niat Doni ditangkap polisi, karena ikut membantu melakukan pencurian.(CW-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More