26 Mei 2010

Jam Dinas Kantor Lurah Batu Urip Taba Kosong

* Camat Terkesan Menutupi
LUBUKLINGGAU-
Meskipun masih jam dinas tepatnya pukul 10.20 Wib Kantor Lurah Batu Urip Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur I yang dipimpin oleh Herman, sudah kosong.

Berdasarkan pantauan Musirawas Ekspres di lapangan pintu kantor sudah tergembok dengan rapat, gorden jendela pun tampak sudah tertutup rapi. Padahal pada jam- jam tersebut biasanya banyak masyarakat yang akan berurusan di kantor lurah seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain sebagainya.

Melihat kondisi itu tentu warga banyak yang mengeluh karena kesulitan saat akan berurusan di Kantor Lurah itu. Betapa tidak hampir setiap hari Lurah dan stafnya tidak pernah pulang kantor sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni pukul 14.00 WIB. Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang warga yang rumahnya tidak jauh dari kantor itu, sebut saja NH, yang mengetahui persis aktifitas di kantor itu.

Menurutnya seperti halnya jam dinas pada pukul 07.00 WIB semua pegawai sudah masuk kantor, namun sayangnya sebelum jam pulang seluruh pagawai sudah pulang.
“Biasanya pukul 11.30 seluruh pegawai sudah pulang, tetapi lain lagi kalau pak lurah tidak ada ya seperti kemarin (25/5) pukul 10.00 WIB sudah pulang,”ungkapnya.

Selain itu warga sekitar sering mengeluh dengan sampah yang berserakan. Diakuinya Lurah Herman, pernah mempekerjakan petugas kebersihan ,akan tetapi karena tidak dibayar sehingga petugas tidak mau lagi bekerja.

Terpisah MJ yang juga warga sekitar kantor Lurah itu mengatakan kantor tersebut memang sering kosong, bahkan kemarin sedikitnya ada 6 orang yang hendak berurusan dengan lurah. Tapi niat itu batal setelah mengetahui kantor tutup.

Masih kata MJ, pegawai yang ada di kantor tersebut lima Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk lurah dan empat Tenaga Suka Rela (TKS). Ia juga megakui kantor tersebut tidak pernah tutup sesuai dengan jam dinas pada pukul 14.00 melainkan pada pukul 12.00 sudah tutup.

“Masyarakat Kelurahan yang mengeluh sebab merasa kesulitan apabila hendak berurusan dengan pihak kelurahan, selain lurah yang jarang ngantor stafnya pun “nakal” apabila lurah tidak ada stafnya juga mencari kesempatan untuk pulang secepat mungkin,” ungkapnya.

Terpisah Camat Lubuklinggau Timur I Walyusman saat dihubungi melalui ponselnya mengatakan kemarin pihaknya sedang melakukan kegiatan pembukaan jalan menuju objek wisata gua batu,yang berada di Kelurahan Taba Jemekeh. Sehingga seluruh pegawai Kelurahan dilibatkan dalam kegiatan itu. ia juga meminta supaya berita mengenai kantor salah satu Kelurahan yang ada dibawah pimpinan itu ini tidak di muat.

Namun lain yang diungkapkan Lurah Taba Jemekeh Ahmad Heru pada hari yang sama pembukaan jalan objek wisata tersebut bukan kemarin (25/5) seperti yang diungkapkan camat, melainkan hari sebelumnya, yakni Senin(24/5). Hal itu membuktikan Camat terkesan menutupi mengenai kekosongan kantor lurah yang berada dibawah tanggungjawabnya itu.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintah Setda Kota Lubuklinggau Imam Senen saat di konfirmasi mengatakan pihaknya akan memanggil Lurah dan Camat. Pemanggilan akan dilakukan guna menindak lanjuti dan meminta kejelasan berkenaan dengan kosongnya kantor lurah itu.

Namun demikian sejauh ini pihaknya belum pernah mendapatkan laporan dari masyarakat. “Kami belum pernah mendapatkan laporan mengenai hal itu, tapi tetap akan kami tindak lanjuti , dalam waktu dekat ini akan dipanggil Lurah dan Camat,”tegasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More