06 Mei 2010

Dewan Pertanyakan Anggaran Dinsos Tahun 2009

* Rp.151,5 Juta Untuk Pembinaan Masyarakat Miskin

LUBUKLINGGAU
-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau mempertanyakan alokasi dana sebesar Rp. 151,5 juta yang telah di anggarkan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau tahun 2009 yang semestinya untuk kegiatan pembinaan keterampilan rakayat msikin. Karena ada dugaan dana yang sudah dianggarkan tersebut tidak dilaksanakan oleh SKPD itu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh anggota DPRD Kota Lubuklinggau Sutrisno Amin dalam rapat paripurna mendengarkan rekomendasi DRPD Kota Lubuklinggau terhadap Laporan Kerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Lubuklinggau tahun 2009 yang di sampaikan pada 12 April lalu.

Dalam remomendasi tersebut salah satunya ialah mempertanyakan alokasi anggaran Dinas Sosial yang hingga kini belum terealisasi tersebut.

Menurut Sutrisno saat itu, secara khusus untuk SKPD Dinas Sosial Kota Lubuklinggau pihaknya sangat menyayangkan adanya satu kegiatan Tahun 2009 yaitu kegiatan Pelatihan Keterampilan Berusaha bagi Keluarga miskin yang pengalokasian anggarannya telah dianggarkan dalam Tahun 2009 Sebesar Rp. 151,5 juta . ”Akan tetapi kegiatan tersebut tidak dilaksanakan, sementara kegiatan tersebut sangat diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat miskin”, ungkapnya.

Kemudian terhadap Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang ditangani pada Tahun 2009 Sebanyak 2200 orang dari target 3.980 orang sementara laju pertumbuhan PMKS Pada Tahun 2009 sebanyak 2.706 orang sehingga komulatif jumlah PMKS Kota Lubuklinggau sampai dengan Tahun 2009 berjumlah 6144 orang.

Dengan demikian laju pertumbuhan PMKS lebih besar dari jumlah penanganannya.
Untuk itulah DPRD Kota Lubuklinggau merekomendasikan supaya program yang sudah dianggarkan didalam APBD Khusus untuk Dinas Sosial untuk dapat dilaksanakan.

“Kepada Walikota untuk dapat mengevalusi kinerja sumber daya aparatur pada jajaran SKPD Dinas Sosial sehingga tidak terjadi penyimpangan anggaran dalam kegiatan,” tegasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More