06 Mei 2010

Dana Pengamanan Pemilukada Cair

*645 Personil Siap Amankan Pilkada
MUSI RAWAS-
Sedikitnya 645 anggota polisi disiapkan untuk mengamankan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dan wakil kepala daerah Kabupaten Mura pada 5 Juni 2010. Dan dipastikan kegiatan pengamanan akan bisa mulai dilaksanakan sejalan dengan telah dicairkannya dana pengamanan Pemilukada Mura untuk tahap pertama sebesar Rp 1,5 miliar.

Dana pengamanan tahap pertama itu diserahkan Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Mura, H Sulaiman Kohar kepada Kapolres Mura, AKBP Imam Sachroni.
“Total dana pengamanan Pemilukada Mura adalah Rp 2,25 miliar. Untuk tahap pertama dicairkan Rp 1,5 miliar, sisanya akan dicairkan kembali setelah ada pengajuan selanjutnya dari Polres,” kata Sulaiman Kohar, saat penyerahan dana pengamanan Pemilukada Mura Rabu (5/5) di ruang wakil bupati Mura.
Sementara itu, Kapolres Musirawas AKBP Imam Sachroni mengatakan, dengan diterimanya dana hibah tersebut, maka kegiatan-kegiatan pengamanan Pemilukada bisa langsung dilaksanak.

“Kita sudah mempersiapkan berbagai langkah-langkah dalam menghadapi Pemilihan umum kepala daerah, dari 645 personil yang disiapkan 200 personil diantaranya dari Polda Sumsel,” kata Imam usai penyerahan dana hibah pengamanan Pemilukada Mura, Rabu (5/5). Personil Polres Mura yang dipersiapkan disebar pada Polsek- polsek dan di TPS. Mengenai jumlah penempatan personil kata Imam tergantung titik kerawanan dan letak geografis wilayah kecamatan dan desa.

“Musi Rawas ini kan luas dan letaknya ada yang jauh. Nantinya akan kita lihat dimana wilayah yang akan dilakukan penambahan personil dan tergantung letak geografisnya, kita juga akan menyiapkan personil BKO stand by on call,” katanya.

Sejauh ini lanjut Imam tidak ada titik-titik rawan untuk pelaksanaan Pemilukada.

“Titik rawan yang ada yakni letak geografis yang jauh,” katanya.

Mengenai keterlambatan penyerahan dana hibah pengamanan Pemilukada, lanjut Imam juga berpengaruh terhadap pelaksanaan beberapa persiapan, salah satunya latihan pengamanan yang mestinya sudah dilakukan minggu ini. Fokus pengamanan kata Imam akan dikonsentrasikan di tempat penyelenggara Pemilukda, logistik, kampanye pasangan calon, dan tahap pencoblosan serta penghitungan suara, bahkan sampai pada pelantikan bupati/wakil bupati terpilih.

    “Kita himbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Pemiluka ini secara damai karena Pemilukada juga bertujuan untuk pembangunan rakyat,” katanya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More