06 Mei 2010

APBD Siap Danai Pengadaan KWh Meter

MUSI RAWAS-Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Musi Rawas, H Zainal Arifin memastikan Pemkab Mura siap mendanai pengadaan KWh meter untuk menutupi kebutuhan 20 ribu Kwh Di Kabupaten Mura.

“Untuk wilayah Kabupaten Mura, sedikitnya dibutuhkan 20 ribu Kwh meter untuk menunjang Mura Terang Benderang,” kata Zainal. Dilanjutkannya Pemkab Mura melalui Distamben telah berkoordinasi dengan PLN wilayah Sumbagsel mengenai rencana pengadaan kwh dari APBD. Namun kata Zainal PLN tidak memberikan izin lantaran otorisasi pengadaan KWH hanya boleh dilakukan PLN.

”Jika PLN mengizinkan maka untuk pengadaan Kwh ini, berapa pun Pemkab Mura siap,” paparnya. Selain itu kendala realisasi Mura Terang 2010 juga disebabkan kurangnya daya listrik yang disalurkan PLN yang juga sudah menjadi krisis energi skala nasional. Perkembangan rencana pembangunan PLTG di Simpang Temelat Kecamatan BTS Ulu, lanjut Zainal Arifin masih terhambat pada harga beli daya listrik (PPA) oleh PLN, jika penetapan ini sudah dilakukan maka kemungkinan pembangunan PLTG dapat dilaksanakan.

Untuk pembangunan PLTG yang berada di Simpang Temelat, telah didukung investor yang telah mempersiapkan bahan baku pembangkit yakni PT Medco Energy.
Upaya lainnya selain membangun PLTG, Pemkab Mura juga telah merencanakan untuk membangun PLTU serta PLTMH yang direncanakan akan dibangun di kecamatan Ulu Rawas dan Rawas Ulu.

Selain itu juga PLN telah bersedia untuk membangun Gardu Induk di Rupit, sehingga dengan dibangunnya gardu induk ini maka untuk wilayah Muratara dapat segera dialirkan.

”Khusus daerah-daerah terpencil yang secara teknis dapat dibangun jaringan namun secara ekonomi tidak memungkinkan akan dibangun PLTMH dan PLTS,” paparnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More