12 Mei 2010

Pemilukada Rawan Unjuk Rasa

MUSI RAWAS-Kapolres Musi Rawas AKBP Imam Sachroni mengungkapkan Pemilukada di Musi Rawas rawan akan unjuk rasa. Tentunya jika muncul ketidakpuasan beberapa pihak terhadap Pemilukada ini.

“Ganguan kemungkinan terjadi, karena ketidakpuasan sehingga terjadi unjuk rasa. Seperti masalah DPT beberapa waktu lalu,” jelas Kapolres kepada Musirawas Ekspres usai Latihan Pra Operasi Mantap Brata di Mapolres Musi Rawas, Selasa (11/5).

Karena itulah dikatakan Kapolres, ia mengharapkan penyelenggara pemilukada dalam hal ini KPU dan pengawas bisa bertindak professional dan mampu menyerap aspirasi dengan baik, sehingga tidak terjadi kecurigaan atau protes serta ketidakpuasan baik dari masyarakat maupun dari peserta pemilu.

Kemudian berkaitan dengan latihan pra operasi, Imam mengatakan kegiatan ini tujuannya melatih kemampuan anggota yang akan akan dilibatkan dalam pengamanan pemilukada.
“Dilatih untuk mengantasi ancaman-ancaman yang akan terjadi. Semua yang terlibat dalam pengamanan pemilukada juga dilibatkan dalam latihan ini, baik dari Polres Mura, Brimob, maupun BKO dari Polda Sumsel dan Polres Lubuklinggau,” jelasnya.

Kami sudah perkirakan apa saja yang akan terjadi maka dilakukan pengamanan ini. Namun prioritasnya persuasive dan prepentif, makanya dari awal dipersiapan sehingga ancaman yang diperkirakan akan terjadi justru tidak akan terjadi.

“Kita semua berdoa tidak terjadi. Sekarang siapa yang bedoa pemilu berjalan dengan rusuh, tentunya tidak ada yang ingin seperti itu. Kalau ada yang berpikir pemilukada ini harus rusauh tidak benar, karena pemilukada tujuannya untuk mensejahterahkan masyarakat,” tegasnya.

Kemudian Kapolres juga menambahkan, Sealasa (18/5) akan dilakukan gelar pasukan pengamanan dam kampanye yakni dalam Operasi Mantap Brata. Namun sebelumnya, ada operasi pra kondisi
Bahkan kegiatan penggalangan juga sudah dilakukan. “Juga k\Kegiatan pengamanan untuk kontijensi kita giatkan, juga egiatan pengawalan logistik pemilukada termasuk pengamanan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu khsus untuk pengamanan, Polres Musi Rawas sengaja mendatangkan kendaraan khusus dari Polda Sumsel, seperti kendaraan Security Barriers. Kendaraan ini membawa kawat berduri yang dipasang sedemikan rupa sehingga mempermudah penggunaanya.

Selain itu diinformasikan juga akan didatangkan kendaraan perintis (Rantis) dari Polda Sumsel. Namun Rantis kemungkian akan tiba di Muara Beliti, Rabu (12/5). Berkaitan dengan operasional kendaraan ini, juga didatangkan khusus operatornya dari anggota Samapta Polda.(ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More