14 Mei 2010

Gua Batu Jadi Wisata Unggulan

LUBUKLINGGAU- Objek wisata Gua Batu di RT. 7 Kelurahan Taba Jemekeh Kecamatan Lubuklinggau Timur I bakal menjadi objek wisata unggulan di kota sebiduk semare. Tentunya dibarengi keseriusan Pemkot Lubuklinggau untuk mengembangkan dan melestarikan lokasi tersebut.

Demikian diungkapkan Lurah Taba jemekeh Ahmad Heru melalui Sekretaris Lurah H Ari Maulana kepada Musirawas Ekspres di kantor Walikota Lubuklinggau, Rabu (12/5). Menurutnya lokasi bersejarah yang akan dibuka pada tanggal 25 Mei nanti sangat strategis dan memiliki nuansa keindahan serta sejarah masa lalu tentang Lubuklinggau.
Selain itu wisata alam Pondok Batu yang memiliki gua yang berada diantara Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan II bukan hanya akan dijadikan sebagai objek wisata saja, bahkan menurut dari cerita beberapa sumber mengatakan di gua tersebut terdapat berbagai situs sejarah dan peradaban masa lalu.

Dikatakan Ari, di wisata alam Pondok Batu terdapat banyak hal menarik yang bisa dijadikan sebagai bahan ilmu mengenal sejarah masa lalu, bukan hanya lokasinya yang masih sangat natural akan tetapi yang lebih menariknya lagi konon di pondok batu itu selain terdapat gua, yang digunakan sebagai makam Pangeran Mandi Api dan istrinya.

Bahkan diinformasikan gua tersebut bisa tembus hingga kota pelembang, ungkapnya. Tidak hanya itu, masih banyak cerita mistis dan menarik yang biasa di ambil dari situs bersejarah tersebut.

“Sehingga kami harapkan dalam pengembanganya nanti pemerintah kota Lubuklinggau secara sungguh-sungguh sehingga lokasi tersebut tidak hanya sekedar sebagai objek kunjungan saja akan tetapi lebih kepada lokasi yang menantang sekaligus menarik, bahkan tempat itu bisa dijadikan sebagai pusat pembelajaran sejarah masyarakat kota ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, lokasi tersebut konon berawal dari jaman penjajahan Belanda dulu, dan gua tersebut merupakan salah satu tempat aman yang digunakan rakyat Indonesia besembunyi saat terjadi penyerangan. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More