05 Desember 2009

Warga Karya Teladan Ikuti Sosialisasi KTM

MUARA KELINGI-Guna mewujudkan terciptanya Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Desa karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi, Bagian Ekonomi Setda Mura bekerjasama dengan pihak kecamatan mengelar sosialisasi bertajuk pemanfaatan fasilitas pemerintah dalam usahan percepatan pengembangan ekonomi lokal kawasan agropolitan distrik di desa setempat. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis (3/12).
Sosialisasi tersebut menghadirkan pemateri dari Bagian Ekonomi, Bappeda, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Camat Muara Kelingi.

Dalam sambutannya, Camat Muara Kelingi, Musadik Nanguning, mengatakan sosialisasi tersebut sangat penting.

“Dengan adanya sosialisasi diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat Desa karya Teladan. Karena desa ini telah diprogramkan oleh Bupati Mura menjadi kawasan KTM dan Distrik Agropolitan,” kata Musadik. Dijelaskannya, melalui sosialisasi ini, diharapkan agar masyarakat mengerti tujuan dari KTM dan dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari KTM tersebut.

Dalam penjelasannya, pemateri dari Bagian Ekonomi Setda Mura, Mawarni menjelaskan KTM adalah daerah transmigrasi yang pembangunan ekonominya diterapkan seperti daerah perkotaan yang bersifat berkelanjutan.
“KTM juga bertujuan untuk menciptakan sektor-sektor agribisnis yang mampu meningkatkan perekonomian daerah untuk menuju masyarakat yang sejahterah,” katanya.

Selanjutnya, pemateri dari Bappeda Kabupaten Mura, Fadlu Robi mengatakan, dengan terwujudnya KTM di Desa karya Teladan juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa).

“Selain pengembangan dibidang ekonomi juga dilakukan pengembangan infrastruktur dan fasilitas lainnya yang sama dengan daerah perkotaan,” jelasnya.
Ditambahkannya, sangat diharapkan peran serta dan partisipasi dari masyarakat agar terwujudnya KTM di Desa karya Teladan tersebut. Senada juga disampaikan oleh Kasi Pengawasan Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Musirawas, Hj Gusti Rohmani. Dikatakannya, pihaknya mengimbau agar masyarakat Desa Karya Teladan segera membentuk dan menambah lagi koperasi yang telah ada.

“Koperasi yang telah ada diharapkan agar secara rutin untuk melaporkan RATnya kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Musirawas,” jelasnya. Ditambahkannya, dengan demikian koperasi yang ada dapat diketahui kegiatannya.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More