29 Desember 2009

KPU Ajukan Berkas Anggota Panwaslu ke Bawaslu

* Bawaslu Sudah Melantik 3 Anggota Panwaslu Mura
MUSI RAWAS-Mengejutkan. Ternyata Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pusat kembali melantik satu orang anggota Panwaslu Musi Rawas (Mura) yakni Anwar Muchlis. Pelantikan tersebut dilaksanakan, Senin (28/12) di hotel Mercuri Jakarta. Dengan pelantikan tersebut maka anggota Panwaslu Mura sudah tiga orang masing-masing, Anwar Muchlis, Abu Yamin dan Hendri Akbar.

Menariknya ketiga anggota Panwaslu yang dilantik Bawaslu tersebut tidak satupun yang diajukan KPU Mura. bahkan saat ini KPU Mura baru melakukan seleksi anggota Panwaslu yang baru masuk pada tahap uji public. Untuk uji public sendiri, hari ini Selasa (29/12) berakhir dan berkas enam besar anggota panwaslu tersebut, hari ini juga akan dibawa ke Bawaslu oleh Ketua KPU Mura, Efriansyah.

Juru bicara anggota Panwaslu, Abu Yamin, kepada Musirawas Ekspres, Senin (28/12) melalui ponselnya mengakui bahwa, kemarin satu anggota Panwaslu dilantik, setelah sebelumnya dua anggota sudah dilantik. “ Dengan dilantiknya satu orang anggota KPU tersebut maka anggota panwaslu Mura sudah lengkap,”ujarnya.

Ditambahkannya, karena sudah lengkap maka Januari 2010 mendatang anggota Panwaslu mulai efektif melaksanakan tugas. Apalagi Januari 2010 merupakan tahapan pertama dimulainya tahapan Pemilukada Mura.

Bagaimana dengan anggota Panwaslu yang masih diseleksi KPU? Abu Yamin menegaskan kalau masalah KPU masih melakukan seleksi anggota Panwaslu yang saat ini sudah masuk uji public, ia tidak mau mengkomentarinya. “ Kalau masalah KPU melakukan seleksi anggota Panwaslu tidak mau mengomentarinya,”tegasnya.

Yang terpenting sekarang ketiga anggota Panwaslu yang telah dilantik bawaslu sudah sah. Dan Surat Keputusan (SK) pelantikan sudah dikantongi tiga anggota Panwaslu.

Perlu diketahui untuk ketua Panwaslu Mura sudah disepakati Hendri Akbar. “ Sedangkan ia sendiri sebagai juru bicara untuk menyampaikan kebijakn Panwaslu Mura,”ungkapnya.

Masih menurutnya kalau ada keluhan atau pengaduan anggota Panwaslu tetap berkantor di jalan Lintas Kelurahan Megang Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Ditambahkannya untuk agenda pertama, Panwaslu akan membentuk pokja dalam pengawasan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan KPPS.

Selain mengawasi tahapan tadi, Panwaslu juga diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan non tahapan. Misalnya pembentukan PPK dibawahnya, jadwal kampanye, pengadaan logistic pemilu. Penyusunan daftar pemilih, kampanye, penungutan dan penghitungan dan rekapitulasi dan penghitungan suara. Terakhir ada penetapan calon terpilih dan pelantikan. “ Keseluruhan pengawasan akan dilaksanakan Januari 2010 mendatang,”pungkasnya.

Terpisah ketua KPU Mura, Efriansyah melalui devisi tehnis, Nopriansyah mengatakan uji public untuk enam besar anggota Panwaslu, hari ini sudah selesai. Dan hari itu juga berkas enam besar anggota Panwaslu akan dibawa ketua KPU Mura untuk diserahkan ke Bawaslu.

Perlu diketahui pelaksanaan seleksi anggota Panwaslu yang dilaksanakan KPU Mura sudah sesuai prosedur berdasarkan surat keputusan bersama antara KPU dan Bawaslu. “ Yang kami takutkan apa yang disampaikan ke Bawaslu tidak seperti yang terjadi. Bisa mis komunikasi. Itu sebabnya ketua akan ke Bawaslu untuk menjelaskan nama-nama itu. Kita meminta kepastian kapan bawaslu untuk profetes,”pungkasnya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More