29 Desember 2009

Gubernur Sumsel Resmikan Pembangunan 1000 Rumah

LUBUKLINGGAU-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) , H. Alex Noerdin direncanakan hari ini, Selasa (29/12) bakal meresmikan pembangunan 1000 rumah murah tipe 36 dan 45 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau di Kelurahan Durian Rampak Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

  “Insya Allah, kalau tidak ada halangan Pak Gubernur secara simbolis akan meletakkan batu pertama pembangunan 1000 rumah di Kelurahan Durian Rampak. Dan jika tidak ada halangan Menteri Perumahan rakyat, Suharso Manoarfa juga akan turut datang meresmikannya. Namun kepastiannya belum kita dapatkan,” ujar Walikota Lubuklinggau, H. Riduan Effendi usai menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak PKK ke 37 di gedung kesenian, Senin (28/12).

  Orang nomor satu di Bumi Sebiduk Semare ini berharap, pembangunan 1000 rumah yang dibangun oleh pihak rekanan mampu menjawab kebutuhan rumah murah bagi PNS. “Kita prioritaskan bagi pegawai yang belum memiliki rumah,” pungkasnya.

Sebelumnya, tim terpadu dipimpin Kepala Bappeda, Nobel Nawawi ketika mengunjungi lokasi pembangunan 1000 rumah PNS mengatakan, pembangunan rumah yang direncanakan Pemkot Lubuklinggau bersama pihak perbankan dan developer  bakal dimulai akhir tahun ini. Dan diutamakan bagi PNS yang belum memiliki rumah.

“Pemkot sudah berkoordinasi dengan pihak perbankan dan developer dalam pembangunan 1000 unit rumah bagi PNS. Tahap awal pembangunan akan dilakukan pada akhir ini dan diresmikan menteri perumahan rakyat. Kita berharap tidak ada kendala berarti pada pelaksanaanya nanti,” ujarnya.

Guna memerlancar proses pembangunan, Pemkot memberikan berbagai kemudahan kepada pihak pengembang serta turut menunjang dalam bidang jalan dan kebutuhan air bersih. “Kebutuhan air, peneranngan dan jalan sudah tidak ada masalah. Karena sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait,” pungkasnya.

Senada dikatakan Kepala Bank Sumsel cabang Kota Lubuklinggau, Samiludin mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) untuk menunjang proses pengkreditan rumah bagi PNS. “Dari 1500 data PNS yang diajukan kepada kita, sedikitnya sudah 425 PNS yang lulus verifikasi untuk mendapatkan layanan KPR 1000 rumah,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT. Silampari Pratama Kencana, Indra Sumarjono didampingi wakilnya, Yansen Maruli menyatakan, sudah menyiapkan lahan seluas 20 hektar untuk menunjang pembangunan 1000 unit rumah bagi PNS Lubuklinggau. “Saat ini sekitar 12 hektar lahan dalam tahap pengerasan tanah (land claring). Kami optimis rencana pembangunan 1000 unit rumah ini dapat berjalan lancar,”katanya. (ME-07) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More