28 Desember 2009

Waspada ! Benang Layang-Layang Kena Kabel Listrik Berbahaya

LUBUKLINGGAU-Supervisor Distribusi PT PLN Ranting Kota Lubuklinggau, Sirajudin mengingatkan supaya masyarakat, terkhusus orang tua yang memiliki anak gemar bermain layang-layang supaya waspada jangan sampai benang mengenai kabel listrik. Karena bisa mengeluarkan api dan sangat membahayakan.
Himbauan ini dilontarkannya karena saat ini diwilayah Kota Lubuklinggau sudah masuk musim layang-layang. " Hati-hati kalau tiga kabel listrik bersatu terkena benang layang-layang bisa mengeluarkan api, dan itu juga bisa membahayakan bagi yang main layang-layang,"ungkap Sirajudin, kepada Musirawas Ekspres, Sabtu (26/12) lalu.

Oleh sebab itu pihaknya menghimbau khususnya kepada orang tua untuk memberikan nasehat pada anak-anaknya supaya tidak bermain layang- layang di dekat aliran listrik pertama bisa menyebabkan kabel putus, dan yang kedua aliran listrik ke pelanggan bisa putus. Dampak lainnya bisa memadamkan arus listrik ke palanggan.

" Tidak itu saja, putusnya kabel tersebut bisa menyebabkan trafo yang ada bisa meledak,"terangnya.

Dengan meledaknya trafo secara otomatis semua pihak akan merasa dirugikan, terkhusus pelanggan dan PLN. Kalau trafo sudah terbakar maka upaya perbaikan memerlukan waktu. " Kalau waktu perbaikan lama, maka arus listrik ke pelanggan juga akan ikut terganggu,"tegasnya.

Untuk itu,sekali lagi ia menghimbau supaya yang suka main layang-layang jangan didekat kabel listrik, karena banyak ruginya daripada untungnya. Pantauan Musirawas Ekspres dilapangan menyebutkan musim layang-layang kini telah tiba, hampir di setiap sudut Kota Lubuklinggau ini di temui anak-anak yang asyik bermain layang-layang. Namun tidak disadari ternyata kegemaran anak -anak tersebut bisa meimbulkan bahaya jika tidak berhati- hati.

Betapa tidak, mulai menjamurnya layang- layang tersebut membuat anak-anak bermain tanpa memikirkan tempat tersebut sangat membahayakan mereka, karena mereka bermain di area tegangan listrik.

dan apabila layang-layang tersebut sampai nyangkut di tiga rangkaian kabel litrik akan berbahaya, seperti yang terjadi di di jalan kenanga I kelurahan Lubuklinggau Utara II ada kabel yang putus akibat layang-layang nyangkut dan sengaja di tarik oleh anak-anak tersebut. Meskipun bukan kabel rangakaian utama akan tetapi hal tersebut bisa menimbulkan bahaya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More