02 Desember 2009

Pecahkan Rekor Muri ‘Makan Duren Segunung’

*Sukseskan Musi Rawas Open 2009 Kejurnas Arung Jeram

MUSI RAWAS-Panitia pelaksana Musi Rawas Open 2009 Kejurnas Arung Jeram yang akan diselenggarakan 9 hingga 12 Desember 2009 sudah menyusun rencana besar untuk mensukseskan event nasional tersebut. Salah satunya yakni membuat rencana kegiatan untuk memecahkan rekor atau masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mura, HA Rachman Akhmad yang menjadi leading sector, rekor MURI yang akan dipecahkan yakni ‘Makan Duren Segunung’.

“Saat Musi Rawas Open 2009 Kejurnas Arung Jeram di Sungai Rawas Desa Pulau Kidak Kecamatan Rawas Ilir 9 Desember 2009 nanti kita akan memecahkan rekor makan duren sebanyak 5.000 buah secara bersama-sama. Jadi istilahnya kita akan memecahkan Rekor MURI ‘Makan Duren Segunung’,” ungkap Rachman Akhmad. Untuk mempersiapkannya Kamis (3/11) nanti akan dilaksanakan rapat persiapan khususnya menjelang pelaksanaan pemecahan rekor MURI tersebut. 

Rapat tersebut membahas hasil koordinasi dengan MURI dan juga untuk mempersiapkan duren (durian, red) serta peserta yang akan makan duren tersebut.

“Jadi teknisnya nanti yang makan duren adalah peserta, tim official, undangan, pejabat yang hadir serta masyarakat,” paparnya. Dalam teknis pelaksanaanya nanti duren sebanyak 5.000 buah akan ditumpuk hingga membuat bentuk semacam gunung. 

“Kira-kira gunung tumpukan duren ini nantinya setinggai sekitar 7 meter. Nah saat aba-aba dimulai semuanya secara bersama-sama langsung makan duren tersebut. Satulah petusah dari MURI akan melakukan penilaian apakah memecahkan rekor atau tidak,” ungkap Rachman.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), H Badaruddin mengungkapkan pihaknya sudah koordinasi dengan pihak MURI.

“Intinya mereka siap dan memberikan beberapa persyaratan agar bisa masuk kategori memecahkan rekor. Selanjutnya mereka akan melihat langsung kegiatan ini nantinya,” tegas Badaruddin.

Sebagai informasi tambahan, Musi Rawas Open 2009 Kejurnas Arung Jeram yang akan diselenggarakan Pemkab Mura 9 hingga 12 Desember 2009 mendatang bakal menjadi kegiatan yang bombastis. Pastinya kegiatan olahraga air level nasional di Sungai Rawas Desa Pulau Kidak Kecamaran Ulu Rawas yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mura ini akan dijadikan event penutup tahun yang luar biasa.

Selain diikuti tim Arung Jeram professional yang sudah masuk jajaran 20 besar tim elit nasional dan telah berpengalaman bahkan di tingkat internasional, untuk penyelenggaraan pihak panitia menghadirkan yang terbaru dan tentunya menjanjikan. Intinya Pemkab Mura dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai penyelenggaran telah membuat konsep sedemikian rupa dengan dibantu tim ahli baik teknis maupun non teknis untuk membuat Musi Rawas Open 2009 Kejurnas Arung Jeram ini benar-benar meriah. Tentunya dengan harapan event ini akan meraih sukses untuk semua sektor, mulai dari perlombaan, promosi asset wisata dan hal penting lainnya. 

Salah satunya yakni penggunaan IT atau alat-alat canggih dalam pelaksanaannya sebagai bahan untuk memaksimalkan penilaian dan juga kesuksesan acara nantinya. “Setelah melalui berbagai pertimbangan dan juga pembahasan akhirnya diputuskan akan menyiarkan event ini secara live,” tegas Rachman beberapa waktu lalu. Hanya saja ditambahkanya maksud live di sini bukan untuk penyiaran di televisi swasta yang bisa disaksikan penonton di penjuru nusantara, namun live bagi masyarakat khususnya tamu undangan. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More