11 Desember 2009

Kantor Bupati Masih Layak Pakai

*Perbaikan Kantor Bupati Telan Dana 1M
MUARA BELITI-Perbaikan lantai II Kantor Bupati Musi Rawas (Mura) yang hangus terbakar beberapa waktu lalu diperkirakan mencapai Rp 1 Miliar. Namun rencananya pengerjaan pembangunan tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahapan.

Kepala Bidang Program Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Mura, Ristanto mengungkapkan saat ini pihaknya telah melakukan pengecekan struktur bangunan dan membersihan lantai II kantor Bupati yang terbakar beberapa waktu lalu. Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui jika kantor tersebut masih layak untuk ditempati.

“Kebakaran tidak mempengaruhi kekuatan struktur bangunan, jadi tidak perlu dilakukan secara menyeluruh. Untuk itu hanya akan kita fokuskan pada bagian atap dan kaca bagian luar gedung,” jelasnya saat ditemui di sela-sela pembersihan puing-puing kantor bupati kemarin (10/12). Dia menjelaskan, khusus perbaikan bagian kerangka bagian atas gedung akan menggunakan kuda-kuda baja ringan, sedangkan untuk bagian atap yang sebelumnya menggunakan genting biasa akan diganti dengan genteng metal berpasir.

“Setelah kita hitung-hitung dana yang dibutuhkan sekitar Rp 516 juta, itu sudah termasuk penggantian kaca-kaca bagian luar di seluruh ruangan bagian atas. Untuk dananya berasal dari dana tanggap bencana,” ungkapnya.

Sementara untuk perbaikan ruangan-ruangan seperti plafon, keramik dan pastisi Ristanto menambahkan pengerjaannya baru akan dilaksanakan pada 2010 mendatang menggunakan dana APBD 2010.

“Untuk perbaikan bagian dalam gedung dan ruangan dari hitungan kami akan menghabiskan dana sekitar Rp 500 juta. Pengerjaannya sendiri diperkirakan akan memakan waktu selama 1 bulan,” tandasnya.

Terpisah, Bupati Mura, H Ridwan Mukti mengungkapkan dirinya telah memerintahkan kepada pihak Dinas PUCK agar segera melakukan perbaikan di lantai II kantor Bupati Mura tersebut.

“Saya telah instruksikan kepada Dinas PUCK agar segera memperbaiki kerusakan gedung akibat musibah kebakaran kemarin. Apalagi jika dilihat secara menyeluruh kerusakan yang ditimbulkan tidak begitu parah, sehingga tidak merusak konstruksi bangunan,” katanya.

Dia juga menjelaskan, jika musibah kebakaran kemarin tidak membuat pihaknya akan mempercepat pembangunan kantor di wilayah Muara Beliti yang akan menjadi pusat pemerintahan Pemkab Mura.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More