03 Desember 2009

Jalan Desa Air Bening Berlumpur

RAWAS ILIR- Warga Desa Air Bening Kecamatan Rawas Iir meminta perhatian Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) untuk membangun jalan desa yang lebih refresentatif. Pasalnya yang ada saat ini jalan tanah dimana saat hujan banyak bagian yang menjadi jalan berlumpur.

“Kami mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat memembangun atau meningkatkan jalan desa kami baik jalan menuju desa maupun jalan lingkar desa yang selama ini hanya jalan tanah,” kata Leman, warga Desa Air Bening. Dilanjutkannya, sejak dijadikan desa, di daerah ini belum ada peningkatan jalan sehingga desa ini menjadi salah satu desa yang terisolir di Kecamatan Rawas ilir yang mengakibatnya sulitnya peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain itu juga akses jalan untuk keluar desa menuju perbatasan Kecamatan Karang Dapo yang menempuh perjalanan dua jam lebih sulit dilalui pada saat musim hujan karena masih merupakan jalan berlumpur. Sehingga hal ini menyebabkan seluruh bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat harganya menjadi dua kali lipat dari harga biasanya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Dirman, warga Desa Air Bening yang mengakui warga desanya sangat kesulitan untuk keluar menjual hasil bumi sehingga harga karet di desa ini cukup rendah.

“Meningkatnya harga karet saat ini belum dapat dinikmati masyarakat karena harga karet di daerah ini hanya berkisar Rp 6.500 hingga Rp 7.500 karena sulitnya akses keluar desa,” katanya.

Untuk itu mereka mengharapkan Pekab Mura untuk meningkatkan pembangunan jalan menuju desa mereka sehingga dapat lebih meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu pantauan Musirawas Ekspres saat hujan beberapa titik jalan di Air Bening sulit dilalui. Jika mobil biasa tanpa double garda tidak bisa lewat dan harus ditarik. Kerusakan jalan tersebut tenyata salah satu penyebabnya yakni sering dilewati kendaraan bermuaran berat. Diantaranya mobil pengangkut sawmill yang ada di desa tersebut.

Atas kondisi tersebut Minggu (29/11) lalu Bupati Mura, H Ridwan Mukti yang menlihat langsung mobil sawmill yang merusak jalan langsung mengambil tindakan. Bupati memerintahkan kepada Badan Penanaman Modal, dan Pelayanan, Perizinan Terpadu serta Sat Pol PP dan Dinas Kehutanan untuk menutup sawmill yang ada di Musi Rawas. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More