09 Desember 2009

Bukti Kepemilikan Suban4 Makin Kuat

MUSI RAWAS-Klaim Pemkab Muba terhadap sumur gas Suban4 yang nyata-nyata sudah ditetapkan milik Kabupaten Mura sejalan dengan Permendagri No.63/2007 makin lemah. Pasalnya bukti kepemilikan dan pengesahan Suban4 masuk Kabupaten Mura terus menguat. Bahkan kini bukti lain yang membuktikan ada beberapa sumur gas diserobot Muba juga terungkap.

Salah satunya bukti pendukung yang diungkapkan Suwarno Maragun, mantan Juru Tulis Kerio Desa Pauh Kecamatan Rawas Ilir. Ditegaskan Suwarno, klaim Pemkab Muba terhadap Suban4 mengada-ada dan tidak mempunyai dasar yang kuat.
“Intinya Suban4 dan juga termasuk Suban10, Suban11 dan Durian Mabuk2 yang diserobot Muba masuk Kabupaten Mura,” tegas Suwarno.

Salah satu buktinya setiap tahun dan sudah berlaku sejak zaman kolonial Belanda, atas nama Pemerintah Desa Pauh rutin mengadakan pelelangan Lebak Lebung (Sungai dan Danau).

“Danau dan sungai tersebut adalah Danau Ngang sebelah kiri Desa Ulak Embacang Danau Lantang, Sajarne, Sungai Tangkalso. Semua sungai dan danau itu sudah dilelang dari tahun 1916 di zaman kolonial Belanda. Dan pada 1981 saat saya dilantik Bupati Mura Alm Syueb Tamat menjabat Juru Tuli Kerio Desa Pauh Rawas Ilir saya melaksanakan pelelangan setiap tahun. Pada pelaksanaannya pelelangan lebak lebung berjalan lancar, tidak pernah ada gugatan dari Pemkab Mura,” ungkap Suwarno.

Dari pelaksanaan pelelangan yang dilaksanakan aparat desa itu jelas membuktikan kalau wilayah tersebut dimana termasuk di dalamnya sumur gas Suban4, Suban10, Suban11 dan Durian Mabuk2 masuk Mura karena Muba tidak pernah mempermasalahkannya. Nah ketika ada sumber daya alam berupa minyak dan gas, kabupaten tetangga (Muba) baru mulai kasak-kusuk menyerobotnya.

“Secara geografis, Rawas itu berbeda dengan komunitas Musi Banyuasin karena semboyan Kubu Rawas itu petanahannya di wilayah Sungai Rawas. Sedangkan Muba tidak ada Kubu Musi. Pastinya berdasarkan peta 1926 dan direvisi 1945 Suban itu benar-benar dalam wilayah Mura,” pungkasnya sembari memperlihatkan peta tersebut. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More