06 Januari 2010

2009, 10 Karyawan Di PHK

* Pencaker Diwilayah Linggau Ada 1.983
LUBUKLINGGAU-Berdasarkan data yang ada di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Lubuklinggau jumlah pencari kerja (Pencakler) cukup tinggi. Terbukti tahun 2009 lalu tercatat ada 1.983 pencaker. Dari jumlah tersebut pencaker terbanyak adalah di Oktober 2009 mencapai 409 pencaker. Menariknya lagi selama 2009 ada 10 tenaga kerja yang terkena pra Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lubuklinggau, Sulipandi, kepada Musirawas Ekspres.

Dikatakannya kendati banyak pencari kerja, selama tahun 2009 diwilayah Kota Lubuklinggau ada 492 perusahaan yang bergerak dibidang industri, perdagangan dan perusahaan jasa lainnya. Dari jumlah perusahaan tersebut bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 3.816 tenaga kerja.

Menariknya kata Sulipandi dari jumlah tenaga kerja tersebut, walaupun saat ini Negara tengah mengalami krisis global, ternyata tidak berpengaruh terhadap tenaga kerja diwilayah Kota Lubuklinggau. hal ini ditunjukan kurun waktu 2009 tidak ada tenaga kerja yang terkena PHK dari perusahaan tempat mereka bekerja.

" Hingga akhir tahun ini tidak ada laporan baik dari yang di PHK maupun laporan dari perusahaan, artinya di Kota Lubuklinggau tidak ada yang di PHK", ungkapnya.

Selama ini yang ada hanya pengaduan terhadap masalah pekerjaan, boleh dikatakan pra-PHK, dan bentuk laporan biasanya hanya sebatas pengaduan atas upah minimum dan mengenai disiplin kerja.

Pun demikian setidaknya selama 2009 ini ada 10 orang yang melapor kepada Disnaker mengenai pra- PHK. Akan tetapi hal ini menjadi tugas dan tanggungjawab Disnaker untuk mencari solusi. Akhirnya setelah di musyawarahkan dengan perusahaan yang bersangkutan ternyata pekerja tersebut tidak melakukan kesalahan yang fatal, sehingga yang bisa kembali bekerja di perusahaan tersebut.

Ditambahkannya mengenai jumlah pencari kerja yang masuk dalam catatan di Disnaker selama 2009 ini sebanyak 1.983, dan jumlah terbanyak berada pada Oktober. Kendati banyak pencaker dibulan itu, banyak perusahaan swasta maupun pemerintahan yang membuka lowongan pekerjaan. “ Sehingga pada bulan tersebut lebih banyak pencaker terserap oleh perusahaan dibandingkan dengan bulan yang lain,”pungkasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More