09 Juni 2010

Ridwan-Hendra Resmi Bupati-Wakil Bupati Terpilih

MUSI RAWAS– Dibawah barikade pengamanan yang ekstra ketat. Rekapitulasi dan pleno penghitungan hasil suara di gedung serbaguna KPU Musi Rawas (Mura), berlangsung aman dan lancar. Tidak terjadi aksi demo ataupun gerombolan massa yang datang untuk menyaksikan penghitungan jumlah suara dari PPK. Bahkan dua saksi wakil dari cakada yakni pasangan Senen-Sudirman dan Wahzanazi-Untung sama sekali tidak terlihat.

Rekapitulasi yang mulai dilaksanakn sekitar pukul 09.00 Wib hignga pukul 11.45 Wib, dihadiri unsure muspida, antara lain Sekda Mura H Sulaiman Kohar, Kapolres Mura AKBP Imam Sachroni, Dandim 0406 Mura Letkol Inf Drs H Suryana, Kajari Taufik Satia Diputra, dan beberapa saksi dari pasangan calon kandidat Ridwan Mukti – Hendra Gunwan (RM-HG) serta Misi Agung. Didalam gedung sederhana berukuran 25 meter x 10 meter tersebut, nampak terlihat hening.

Menyimak hasil rekapitulasi yang dilaksanakan oleh ketua KPU Efriansyah S sos, dan anggotanya Novriansyah, Suherdi, Ngimanuddin serta Kenny S. dan berdasarkan hitung-hitungan yang sudah ada didapatkan jumlah suara untuk pasangan nomor satu yakni pasangan Drs M Isa Sigit dan Agung Yubi Utama dengan perolehan jumlah suara 61.547, sedangkan pasangan nomor urut dua RM-HG meraih seanyak 163.137, pasangan nomor urut 3 yakni pasangan Senen Singadilaga dan Sudirman Masuli meraih suara sebanyak 43.438 dan pasangan nomor urut 4 yakni Wazanazi Wahib- Untung Suprianto, meraih suara 6.071.

Dalam kesempatan kemarin, ada dua saksi dari balon bupati dan wakil bupati dari psangan Senen-Sudirman dan Wazanazi tidak datang untuk menyaksikan rekapitulasi. Sedangkan pasangan nomor urut 1, yang diwakili oleh saksinya menyatakan keberatan dengan adanya penghitungan suara. Sementara itu, dari hasil pleno KPU ditetapkan jumlah suara ash sebanyak 274.193. sedangkan suara yang tidak sah sebanyak 4.922. artinya bila dijumlahkan semua DPT yang hadir di TPS sebanyak 279.115.

Secara otomatis jumlah DPT yang tidak hadir, sama dengan jumlah DPT dikurangi DPT yang hadir atau sebanyak 103.704 golongan putih alias (golput). Terkait dengan banyaknya jumlah pemilih yang tidak hadir atau golput, ketua KPU Efriansyah belum berani berkomentar panjang lebar. Namun menurutnya, bila dibandingkan dengan jumlah partisipan atau pemilih pada beberapa waktu sebelumnya seperti pemilihan legislative dan gubernur, angka ini sendiri mengalami peningkatkan.

Pada kesempatan itu juga, pleno KPU Musi Rawas langsung menetapkan pasangan terpilih yakni H Ridwan Mukti dan H Hendra Gunawan. Terkait adanya saksi yang tidak hadir, dikatakan Efriansyah, tidak membatalkan pleno yang telah dilakukan oleh KPU. “Kalau saksi tidak datang, tentu hal tersebut tidak membatalkan pleno yang telah kita buat,” katanya.

Sementara itu,d ari pantuan Musirawas Ekspres dilapngan jumlah aparat keamanan tersebar di beberapa penjuru pintu masuk gedung serba guna. Bahkan sekeliling komplek gedung penghitungan dan pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, dikelilingi dengan pagar kawat berduri. Bahkan juga terlihat beberapa anjing pelacak yang sudah disiapkan oleh anggota Polres Mura untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih, KPU sendiri akan memberikan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini kepada DPRD Musi Rawas. “Dalam tiga hari diberikan masa sanggah. dan kalupun ada yang menyanggah, boleh mengemukakan sanggahan hingga tingkat MA. Namun tiga hari kedepan penetapan bupati terpilih dan wakil bupati terpilih kita serahkan kepada DPRD Musi Rawas,” kata Efriansyah singkat. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More