14 Juni 2010

Klem Pengikat Patah, Listrik Dua Hari Padam

LUBUKLINGGAU-Padamnya listrik yang terjadi diwilayah Kota Lubuklinggau Sabtu (12/6) sekitar pukul 21.00 WIB hingga Minggu (12/6) disebabkan klem atau pengikat besi ketiang beton salah satu tiang listrik yang berada di depan Rumah Dinas Bupati Musi Rawas Kelurahan Puncak Kemuning patah.
Menyebabkan besi lampu menempel ke kabel saluran udara tegangan menengah (SUTM) kabel konduktor. Hingga menyebabkan konsleting listrik. Dampaknya lampu menjadi padam.

Hal itu diketahui setelah pihak PLN ranting Lubuklinggau melakukan analisa, dan mencari titik penyebab padamnya listrik. Demikian diungkapkan maneger ranting PLN ranting Lubuklinggau Suharmanto melalui Supervisor Distribusi Sirajudin Kepada Musirawas Ekspres, kemarin (13/6).

Menurut Sirajudin penyebab padamnya listrik itu bukan adanya unsur kesengajaan dari PLN, tetapi lebih disebabkan adanya penyimpangan jalur yakni besi penyangga listrik bersentuhan dengan kabal konduktor.

“ Setelah dilakukan analisa pihaknya hingga pemotongan kabel di enam titik lokasi. Bahkan kabel yang dipotong itu merupakan kabel induk yang memiliki kualitas bagus, namun demi mengetahui penyebab padamnya listrik itu terpaksa dilakukan,”terangnya.

Dikatakan sirajudin untuk menganalisa penyebab padamnya listrik itu pihaknya cukup kesulitan sebab saat di cek pada gardu induk tidak ada masalah. Pengecekan dilakukan dengan penelusuran dari tiang ketiang disepanjang jalan lintas, juga tidak ditemukan ada kesalahan.

“Penyisiran kami lakukan dari malam minggu pada pukul 21.00 hingga pukul 3.00 dini hari. Akan tetapi tidak ditemukan, kemudian dilanjutkan pada hari minggunya pukul 6.30 hingga pukul 14.00. ternyata bermasalah dengan posisi besi penyangga lampu bersentuhan dengan SUTM,” jelasnya.

Lebih lanjut sirajudin mengatakan penyimpangan jalur listrik itu juga yang menurutnya penyebab byar pet listrik yang terjadi belum lama ini. Namun setelah dilakukan perbaikan pihaknya memastikan tidak ada gangguan lagi. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More