10 Juni 2010

Penerbangan ke Palembang, Jambi, Padang, Batam, Bakal Menyusul

*Launcing Sukses, Penerbangan Linggau-Jakarta akan Setiap Hari
MUSI RAWAS–
Jasa angkutan udara dengan rute penerbangan Lubuklinggau-Jakarta via Bandara Silampari – Terminal C1 Sukarno Hatta Jakarta resmi dibuka (launching) terhitung 9 Juni 2010. Berhasilnya launching penerbangan regular dari Bandara Silampari rute Lubukinggau-Jakara ini kemudian menjadi alasan pihak pengelola bandara untuk membuka jalur perbangan dari Lubuklinggau ke Palembang, Jambi, Padang dan Batam.

Tidak hanya itu, melihat animo masyarakat yang sangat besar untuk menggunakan jasa angkutan udara tersebut, untuk penerbangan rute Lubuklinggau-Jakarta akan dibuka setiap hari meningkat dari sebelumnya yang hanya Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Musi Rawas, Ari Narsa JS mengatakan, untuk sementara penerbangan reguler dibuka Senin, Rabu, Kamis, Jumat dan Minggu, dimana dalam satu hari melayani sekali pulang pergi.



“Rute Lubuklinggau - Jakarta harga tiketnya Rp 650 ribu. Pada penerbangan pertama ini, animo masyarakat ternyata cukup tinggi. Pesawat dari Jakarta yang berangkat pukul 10.45 WIB mengangkut sekitar 25 penumpang rombongan orang penting diantaranya Bupati Mura, Ridwan Mukti dan rombongan Walikota Lubuklinggau, Riduan Effendi yang membawa Piala Adipura. Sementara keberangkatan dari Lubuklinggau ke Jakarta pukul 12.00 dengan jumlah kursi terisi penuh lebih 60 penumpang,” ungkap Ari Narsa saat launching pengoperasian Bandara Silampari, Rabu (9/6).

Ari Narsa melanjutkan pembukaan jalur penerbangan regular dari Bandara Silampari merupakan langkah awal pembukaan jalur penerbangan ke Padang, Jambi dan Batam.

”Unutk saat ini kita masih melakukan penjajakan. Yang pasti Bandara Silampari ini sebagai penunjang Musi Rawas sebagai gerbang investasi sektor barat Sumsel,” kata Ari Narsah.

Saat lanching penerbangan regular kemarin animo masyarakat Kabupaten Mura, Lubuklinggau, Empat Lawang dan daerah tetangga di luar dugaan ternyata sangat tinggi. Sebab hari pertama penerbangan sudah diberlakukan ‘waiting list’ (Jatah tunggu) bagi penumpang yang akan terbang ke Bandara Sukarno Hatta Jakarta tepatnya Terminal Kedatangan C1.

"Pesawat BAE 146 bermesin jet milik maskapai Aviastar ini memang berkapasitas 84 penumpang. Namun dengan kondisi runway saat ini yang panjangnya 1.350 meter, kapasitas maksimal penumpang dibatasi 60 penumpang," ujarnya dan menambahkan untuk rute penerbangan Lubuklinggau - Palembang, sementara belum dibuka karena masih mempersiapkan fasilitas pelayanan seperti kantor dan lainnya. Tapi dalam waktu dekat ini, Bandara Silampari akan melayani penerbangan Lubuklinggau – Palembang.

Bupati Musi Rawas, HRidwan Mukti yang ikut dalam penerbangan perdana dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta-Bandara Silampari mengatakan, pengoperasinya Bandara Silampari kemarin merupakan awal dibukanya jalur penerbangan reguler. Disebutkannya, dengan tingginya animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara Silampari, seperti pada penerbangan perdana kemarin, Bupati berharap pihak pengelola bandara cepat tanggap. Pihak penyedia jasa penerbangan yang bekerjasama dengan Bandara Silampari, diminta agar bisa segera mengevaluasi untuk penerbangan reguler setiap hari.

Direktur PT Komala Edwin Wijaya, selaku penyedia jasa penerbangan yang bekerja sama dengan Maskapai Penerbangan Aviastar mengatakan, dua pekan lagi, rute Lubuklinggau-Palembang segera dibuka. Setelah itu akan dijajaki untuk rute penerbangan ke beberapa kota di Indonesia.

“Kita lihat animo masyarakat di sini cukup tinggi, sehingga kemungkinan penerbangan setiap hari bisa cepat terlaksana, tinggal mengatur jadwalnya,” katanya. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat juga akan melayani rute ke kota-kota lain seperti Jambi, Padang, Batam dan lainnya,” pungkasnya.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More