08 Juni 2010

Peran Laki-Laki Ber-KB Hanya 5%

LUBUKLINGGAU-Mengejutkan. Ternyata peran laki-laki untuk ber-Keluarga Berencana (KB) sangat minim hanya 5 persen. Fakta ini menimbulkan kesan bahwa masalah KB masih menjadi tanggungjawab penuh kaum perempuan.

“Padahal laki-laki juga memiliki tanggungjawab yang sama besar untuk menjaga dan membentuk keluarga,” tutur Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Lubuklinggau, Effendi Abdullah melalui Kabid KBPP Suprihyatno kepada Musirawas Ekspres dikantornya, Selasa (7/6).

Rendahnya peran laki-laki terhadap program KB, menurut Suprih salah satunya akibat adanya persepsi yang salah. KB identik dengan hamil dan melahirkan yang memang hanya dialami oleh perempuan.

Padahal program KB tidak sesempit itu. KB tidak sekedar mengatur kehamilan dan membatasi jumlah anak. Tetapi juga menyangkut kesehatan reproduksi perempuan.

Menurut suprih , banyak perempuan yang sebenarnya merasa tidak aman dan nyaman dengan mengikuti KB. Terutama mereka yang memang memiliki risiko terhadap pemasangan IUD (Intra Uterine Device) atau suntikan hormone KB.

Karena itulah, Suprih meminta agar kaum laki-laki menga mbil peran dalam hal program KB ini. Keterlibatan laki-laki dalam mendukung kesehatan reproduksi perempuan sangat berperan besar dan mampu mengubah peran sosial yang sampai sekarang masih membatasi kesehatan reproduksi dan hak-hak perempuan.

Lebih lanjut Suprih mengatakan rendahnya peran laki-laki dalam mengikuti program KB itu ditunjukan dari jumlah peserta aktif KB 33.992. Sementara peran laki-lai hanya 5 persen dari jumlah tersebut atau berkisar 1.699. Padahal target yang diharapkan oleh BKBPP Kota Lubuklinggau mencapai 10 persen artinya target tersebut belum tercapai.

Hal itu menurut Suprih bisa dilakukan dengan dua cara untuk KB laki-laki yakni dengan menggunakan alat kontrasepsi (Kondom-red) dan MOP (Medis Operasi Pria). “Namun sejauh ini masih jarang pria yang menggunakan cara yang kedua karena takut beresiko,” ungkapnya.

Dikatakanya sampai sejauh ini hanya 36 pria yang melakukan KB dengan cara MOP itu. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More