02 Juni 2010

Pancaroba, Penderita ISPA Meningkat

MUSI RAWAS-Hingga Mei 2010, tercatat sedikitnya ada 4.000 kasus penderita penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) atau influenza. Setelah ISPA diikuti penyakit Malaria dan Diare.
“Untuk mengantisipasi masa Pancaroba (peralihan musim, red) ini, Dinkes Mura telah berkoordinasi dengan petugas Pustu, Polindes dan Puskesmas agar melaporkan jumlah obat-obatan di tempat masing-masing, terutama terhadap penyakit yang mendominasi. Jika kekurangan obat segera laporkan ke dinas, dan kita siapkan untuk dikirim,” kata Kepala Seksi Surveilance dan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Mura, Nasrul Bayumi. Dikatakannya meskipun penyakit yang paling menonjol di Musi Rawas saat ini adalah ISPA dan Influenza, namun di setiap kecamatan memiliki kasus berbeda diantaranya Diare dan Malaria.

“Kecamatan Karang Jaya contohnya, penyakit yang lebih menonjol adalah diare. Khusus di Desa Rantau Jaya penderita penyakit diare jumlahnya paling tinggi, mencapai 30 kasus. Sementara penyakit ISPA dan influenza berada di urutan kedua di bawah 20 kasus,” terangnya.

Herpisa, perawat di Pustu Desa Rantau Jaya Kecamatan Karang Jaya mengatakan, tingginya penderita diare yang berobat ke Pustu desa tersebut, antara lain disebabkan karena perubahan cuaca.

“Sekarang ini terkadang hujan, kadang panas. Jadi kondisi ini jelas berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Untuk disini, kasus yang paling menonjol adalah diare,” katanya.

Ditambahkan Herpida, bagi masyarakat setempat yang menderita penyakit diharapkanm agar cepat ke Pustu dan akan dilayani secara gratis. Dengan catatan sesuai dengan jadwal berobat gratis, yaitu mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.30 WIB, setiap hari kerja.

“Supaya terhindar dari Diare, masyarakat dihimbau menjaga kebersihan lingkungan, dan menjaga kebersihan air untuk konsumsi. Karena rata-rata warga di sini, memanfaatkan air sungai untuk konsumsi, jadi kebersihannya supaya lebih diperhatikan,” pungkasnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More