04 Juni 2010

KPPS Kosgoro Dipecat

*Soal Alat Peraga, Semua Calon Melanggar
MUSI RAWAS-
Ketua KPU Musi Rawas Efriansyah melalui Divisi Hukum Kenny menjelaskan ada beberapa rekomendasi dari Panwaslu Musi Rawas terkait dugaan pelanggaran yang telah ditindak lanjuti. Salah satunya mengenai dugaan KPPS Kosgoro inisial YS, ikut kampanye salah satu pasangan calon. Demikian dijelaskannya Kamis (3/6) di KPU Musi Rawas.

Bahkan dikatakannya setelah pihaknya menerima rekomendari dari Panwaslu mengenai dugaan keterpihan oknum KPPS itu, sudah dilakukan tindakan tegas yakni pemecatan terhadap YS.

“Rekomendasi Panswaslu sudah kami tindaklanjuti, bahkan KKPS-nya sudah diganti,” jelasnya.

Kemudian laporan lain yang direkomendasikan oleh Panwaslu adalah mengenai pemasangan alat peraga di luar waktu kampanye termasuk masa tenang. Hal ini sudah juga ditindaklanjuti, namun hanya berupa teguran kepada semua pasangan, karena semuanya melanggar.

Ditambahkan Divisi Teknis Novriansyah, mengapa KPU hanya memberikan teguran kepada masing-masing pasangan yang melanggar, pasalnya semua pasangan melanggar. Kalaupun diberikan sanksi berupa diskualifikasi, bisa menyebabkan Pemilukada batal dilaksanakan.

“Semua pasangan calon melanggar jika didiskualifikasi, tidak ada lagi perserta Pemilukada. Makanya hanya ditegur dan diberi himbauan,” jelasnya.

Selain itu Novriansyah juga menjelaskan berkaitan dengan masa tenang, Rabu (2/6) malam telah dilakukan koordinasi antara KPU, Panswaslu, Polres dan timses masing-masing pasangan soal agar sama-sama menciptkan kondisi yang kondusif.

“Salah satu yang dibahas dalam pertemuan ini, para timses tiga pasangan menghimbau Ridwan Mukti agar membatasi kegiatannya pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pengumpulan massa. Kemudian juga dibahas komitmen untuk menjaga situasi agar kondusif,” katanya.

Terpisah Ketua Panwaslu Musi Rawas Hendri Akbar mengatakan selama pelaksanaan Pemilukada hingga pada masa tenang, pihaknya menerima delapan laporan dugaan pelanggaran. Dengan dua laporan telah direkomendasikan ke KPU Mura. (ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More