04 Juni 2010

Dewan Akan Panggil Kadinkes dan Kepala Pukesmas Taba

LUBUKLINGGAU- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau melalui Komisi II Bidang Kesehatan akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Lubuklinggau Edi Candra dan Kepala Puskesmas Taba, dr Juharsah.

Pemanggilan kedua pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Lubukinggau tersebut berkenaan dengan terbengkalainya Pos Kesehatan Kelurahan (Poskeslur) Mesat Seni seperti yang diberitakan oleh salah satu media lokal beberapa waktu lalu.

Pernyataan tersebut di sampaikan ketua DPRD Kota Lubuklinggau Hasbi Asadiki kepada Musirawas Ekspres di kantornya, Kamis (3/6).

Dikatakan Hasbi sejauh ini berdasarkan pantauan dari DPRD Kota Lubuklinggau bukan hanya poskeslur yang terletak di Kelurahan Mesat Seni saja yang dibangun sejak tahun 2009 lalu hingga kini belum dimanfaatkan. “Akan tetapi ada beberapa poskeslur di wilayah lain yang juga belum di operasikan seperti poskeslur Karya Bakti, Watervang dan Ulak Surung,” ungkapnya.

Padahal semestinya setelah selesai pembangunan pihak rekanan menyerahkannya kepada Dinas Teknis untuk selanjutnya di manfaatkan. Selain itu poskeslur tersebut sangat di harapkan oleh masyarakat sehingga saat akan berobat atau sekedar mengecek kesehatan atau penyakit yang ringan tidak perlu ke puskesmas yang jauh akan tetapi cukup di poskesur di wilayahnya.

Lebih lanjut Hasbi mengatakan bahwa pembangunan poskeslur yang di laksanakan oleh Dinas Kesehatan tersebut salah perencanaan sehingga tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Menyikapi hal itu Hasbi mengatakan semestinya Dinas Teknis dalam hal ini Dinas Kesehatan yang mempunyai wewenang penuh terhadap poskeslur dibawah tanggungjawab puskesmas sehingga semestinya kepala puskesmas yang di beri tanggungjawab terhadap pemanfaatan poskeslur itu mesti mampu menggerakan potensi tenaga medis untuk dapat mengoperasikan poskeslur itu.

Sehingga pembangunan tersebut tidak tekesan percuma dan mubazir. ” Besok (hari ini-red) melalui komisi II akan memanggil kadinkes dan kepala puskesmas, ”tegasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More