07 Juni 2010

Disdukcapil Terapkan Standar Pelayanan Publik

MUSI RAWAS-Meningkatnya partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam mengurus akte kependudukan dalam upaya tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Mura tidak lain karana kerja keras jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam upaya meningkatkan pelayanan publik. Yang pasti sejalan dengan upaya penataan administrasi kependudukan, Disdukcapil sudah banyak berbuat, diantaranya menerapkan banyak program dan kebijakan penting.

Menurut Kepala Disdukcapil Mura, H Dian Chandera program dan kebijakan yang diterapkannya tidak lain berdasarkan Perpres No. 7 tahun 2005 tentang RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Nasional 2005-2010 (Bagian IV.30-3). Tepatnya dilaksanakan peningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya dokumen kependudukan sebagai bagian dari penertiban administrasi kependudukan, serta membangun bank data sebagai database kependudukan menuju visi "Penduduk Musi Rawas terdata dan terdaftar secara computerized dan On-line".

Makanya sistem administrasi kependudukan Kabupaten Mura yang selama ini terkesan kurang rapi bahkan tidak akurat mulai terbenahi. Hasilnya menurut Dian semuanya telah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurus berbagai akta kependudukan didukung pelayanan prima Disdukcapil Mura dengan moto 3S, Sapa Senyum dan Santun.

”Untuk mencapai visi ’Tertib administrasi kependudukan menuju terciptanya akurasi data dan informasi kependudukan’ sejalan dengan misi ketiga Bupati Musi Rawas meningkatkan pelayanan publik, Disdukcapil memberikan janji pelayanan ’Syarat lengkap pelayanan cepat KTP, KK dan AKTA dapat, tentunya didukung pelayan yang mengedepankan sapa, senyum dan santun,” kata Dian beberapa waktu lalu. Dalam upaya terus meningkatkan pelayanan publik, Disdukcapil Mura menerapkan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan publik. Utamanya yakni sejalan dengan visi dan misi unit pelayanan publik.

”Kemudian berkaitan dengan sistem dan prosedur, berkaitan dengan SDM yang tersedia dalam memberikan pelayanan serta berkaitan dengan sarana dan prasarana yang disiapkan,” paparnya.(ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More