05 Juli 2010

Puluhan Ayam di Batu Urip Mati Mendadak

*Warga Takut Flu Burung
LBUKLINGGAU-
Warga Rt 05 Kelurahan Batu Urip Taba sejak sepekan terakhir dibuat khawatir lantaran puluhan ayam ditemukan mendadak mati di kadangnya. Warga khawatir ayam yang mati mendadak tersebut akibat terserang penyakit flu burung (avian influenza) yang sampai kini menjadi penyakit yang sangat menakutkan.

Cik (24) pemilik ayam warga Rt 05 mengungkapkan belasannya ayam peliharaannya mendadak mati tanpa diketahui penyebabnya. Menurut Cik saat ditemukan ayam memiliki ciri mengeluarkan lendir pada paruhnya dan bagian anus ayam berwarna merah. Kondisi ini kata Cik terus terjadi, berselang dua hari ayam peliharaannya kembali mati mandadak. Kejadian ini kata Cik belum dilaporkan ke pihak kelurahan atau Dinas Kesehatan Lubuklinggau, karena masih mengira kematian ayam secara mendadak tersebut hanya terserang penyakit biasa.

“Tetapi kejadian ini terus menyebar ke tetangga, bahkan belasan ayam milik tetanga juga mengalami hal yang sama. Warga khawatir dengan kondisi ini karena takut kematian ayam ini disebabkan flu burung,” katanya.

Ditambahkan Cik, jika penyakit ayam itu bukan terserang flu burung, setidaknya mendapat penanganan dari Dinas Kesehatan sebab keinginan warga memelihara unggas cukup tinggi sebagai tambahan pemasukan keluarga.

Senada dikatakan Mustofa (35) warga yang sama. Dikatakan Mustofa ayam peliharaannya tanpa diketahui penyebabnya mati mendadak. Kondisi ini sangat dikhawatirkan warga karena di Rt mereka ditakutkan sudah mewabah penyakit flu burung.

“Setiap dua atau tiga hari ayam di sini mati mendadak, mungkin penyakit yang ada sudah mulai menyebar terhadap ayam lain yang masih banyak berkeliaran. Warga berharap pemerintah segera melakukan pengecekan agar tidak menimbulkan keresahan,” terangnya.

Aji Twi pemilik ayam warga Rt 06 mengungkapkan ayam peliharaannya mendadak mati tanpa diketahui penyebabnya. Menurutnya saat ditemukan ayamnya memang tidak begitu memilik ciri khusus tetapi tiba-tiba mendadak mati. Kondisi ini kata Aji Twi terus terjadi, berselang beberapa hari ayam peliharaannya kembali mati mandadak. Hingga saat ini belum diketahui apa sebab matinya ayam secara mendadak.
(ME-05/ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More